Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:27 WIB | Rabu, 22 April 2015

Hari Malaria Dunia 2015: Mengalahkan Malaria adalah Investasi di Masa Depan.

Iluistrasi hari malaria dunia 2015. (Foto : who.int)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Pada Hari Malaria Dunia 2015, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan komitmen tinggi dunia yang bebas dari malaria. Tema, yang ditetapkan oleh The Roll Back Malaria Partnership, yakni mengalahkan malaria adalah investasi masa depan 

Ini mencerminkan tujuan dan target yang ditetapkan dalam rancangan pasca-2015, strategi yang akan disampaikan kepada WHO pada bulan Mei.

Strategi baru ini, bertujuan untuk mengurangi kasus malaria dan kematian sebesar 90 persen  pada tahun 2030. Empat negara telah disertifikasi bebas dari malaria dalam dekade terakhir, dan strategi pasca-2015, menetapkan tujuan untuk menghilangkan penyakit dari lebih 35 negara pada tahun 2030.

Sementara, keuntungan besar dalam memerangi malaria telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir, penyakit ini masih memiliki dampak buruk terhadap kesehatan masyarakat dan mata pencaharian di seluruh dunia, khususnya di Afrika, di mana ia membunuh hampir setengah juta anak di bawah 5 tahun.

Alat yang efektif untuk mencegah dan mengobati malaria sudah ada, tetapi dana lebih diperlukan bagi orang-orang yang membutuhkannya dalam  memerangi narkoba dan resistensi insektisida.

Hari Malaria Dunia adalah, kesempatan untuk menyoroti kemajuan yang telah dibuat dalam pencegahan dan pengendalian malaria, dan berkomitmen  meneruskan  untuk bertindak mempercepat kemajuan memerangi penyakit mematikan ini. (who.int)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home