Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 05:03 WIB | Kamis, 26 Juni 2014

Hattrick Shaqiri Antar Swiss ke 16 Besar

Hattrick Shaqiri Antar Swiss ke 16 Besar
Xherdan Shaqiri merayakan gol keduanya ke gawang Honduras. (Foto: fifa.com)
Hattrick Shaqiri Antar Swiss ke 16 Besar
Bagan fase gugur Piala Dunia 2014. (Foto: dok. satuharapan.com)

MANAUS, SATUHARAPAN.COM – Hattrick Xherdan Shaqiri ke gawang Honduras bawa kesebelasan Swiss melenggang ke babak 16 Besar Piala Dunia 2014, sebagai runner up Grup E mendampingi Prancis. Dalam pertandingan yang terselenggara di Arena Amozonia, Manaus, Brasil, Kamis (26/6) dinihari WIB, Shaqiri cs berhasil mencukur Los Catrachos tiga gol tanpa balas. Hasil ini sekaligus memastikan Honduras pulang dini dari Brasil.

Baru enam menit pertandingan berlangsung, Shaqiri sudah mampu membawa Swiss unggul. Menerima umpan Xhaka, sejenak menguasai bola di sisi kanan, kemudian berputar dan melepaskan tembakan keras dengan kaki kiri. 1-0 Swiss memimpin.

Xherdan Shaqiri kembali mencatatkan namanya di papan skor saat laga memasuki menit 31. Menerima umpan dari rekannya, Drmic, Shaqiri langsung bergerak sangat cepat menusuk pertahanan Honduras. Dengan tenang ia kembali menaklukan Valladares dan memperlebar keunggulan Swiss menjadi 2-0.

Hasil ini bertahan hingga wasit menutup babak pertama.

Shaqiri Makin Gila

Memasuki babak kedua, Honduras coba memainkan M. Chavez untuk menambah daya gedor mereka. Namun hingga menit 70, Los Catrachos belum menuai hasilnya, mereka masih buntuk dalam mengkonversi peluang menjadi gol.

Justru di menit 71, Shaqiri mampu menorehkan hattrick. Lewat serangan balik, pemain bertinggi 169 cm itu berhasil memanfaatkan umpan silang Drmic di dalam kotak penalti. 3-0 Swiss unggul atas Honduras.

Hingga wasit asal Argentina, Nestor Pitana menutup pertandingan, tidak ada lagi gol tercipta. Kemenangan 3-0 Swiss ini turut memastikan keguguran Honduras dari arena Piala Dunia 2014.

Dengan kemenangan 2-0 atas Honduras, Schweizer Nati - julukan tim sepak bola Swiss, melenggang ke babak 16 Besar Piala Dunia 2014. Karena di pertandingan Grup E lainnya, saingan mereka Ekuador, bermain imbang tanpa gol dengan wakil benua Eropa, Prancis.

Swiss menempati peringkat kedua klasemen akhir dengan perolehan enam poin. Sementara Prancis nan mengumpulkan tujuh poin, menjadi pimpinan klasemen. Di babak 16 besar nanti, Swiss akan berjumpa dengan Argentina, sedangkan Prancis berhadapan dengan Nigeria.

Susunan Pemain (Honduras vs Swiss)

Honduras (4-4-1-1): Valladares (penjaga gawang), Garcia, Beckeles, Figueroa, Bernardez, Espinoza (’46 M. Chavez), Claros, Palacios, Garcia (’77 Najar), Costly (’40 J. Palacios), Bengtson

Cadangan: Lopez (penjaga gawang), Escober (penjaga gawang), O. Chavez, Montes, Izaguirre, Martinez, Delgado, Martinez, Garrido

Pelatih: Luis Suarez (Kolombia)

Swiss (4-5-1): Benaglio (penjaga gawang), Lichsteiner, Djourou, Schar, Rodriguez, Shaqiri (’87 Dzemaili), Inler, Behrami, Xhaka (’77 M. Lang), Drmic (’73 Seferovic), Mehmedi

Cadangan: Burki (penjaga gawang), Sommer (penjaga gawang), Ziegler, Senderos, Barnetta, Stocker, Fernandes, Gavranovic

Pelatih: Ottmar Hitzfeld (Jerman)

Wasit: Nestor Pitana (Argentina)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home