Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 01:17 WIB | Kamis, 26 Juni 2014

Kalah 2-3, Nigeria Temani Argentina ke 16 Besar

Kalah 2-3, Nigeria Temani Argentina ke 16 Besar
Pemain-pemain Nigeria merayakan gol penyeimpang kedudukan yang diciptakan oleh Musa (kedua dari kiri). (Foto-foto: fifa.com)
Kalah 2-3, Nigeria Temani Argentina ke 16 Besar
Sepakan Messi dari tendangan bebas ini sukses mematikan langkah Enyeama, sekaligus membawa Argentina kembali unggul 2-1.

PORTO ALEGRE, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan Nigeria harus mengakui keunggulan tim tango Argentina 2-3, dalam pertandingan terakhir Grup F Piala Dunia 2014, yang terselenggara di Estadio Jose Pinheiro Borba, Porto Alegre, Brasil, Kamis (26/6) dinihari WIB. Meski menelan kekalahan, Nigeria tetap melaju ke babak 16 besar mendampingi Messi cs.

Baru tiga menit pertandingan berjalan, penyerang milik Barcelona, Messi, sudah memberi gol bagi Argentina. Memanfaatkan bola muntah hasil sepakan keras Di Maria yang membentur tiang gawang, Messi dengan sigap menyambut dengan tembakan yang mengarah ke tengah atas gawang Nigeria. Argentina unggul 1-0.

Tapi Nigeria tidak ingin dipermalukan begitu saja, mereka langsung membayar tuntas aksi Messi semenit berselang. Berawal dari serangan balik cepat, Musa berhasil menusuk ke kotak penalti Argentina dari sisi kanan pertahanan tim tango tersebut. Dengan sepakan terukurnya, pemain yang merumput di klub CSKA Moskow itu membuat bola menusuk pojok kanan gawang Romero. Kedudukan kembali sama kuat 1-1.

Menit 44, Argentina sebenarnya mendapat peluang kembali unggul atas Nigeria. Namun, tendangan bebas Messi ke pojok kanan atas gawang Nigeria masih sanggup ditepis Enyeama.

Semenit kemudian, sesaat sebelum turun minum, Messi kembali menjadi algojo tendangan bebas yang didapakan Argentina. Kali ini ia tidak menyiakan kesempatan tersebut, bola meluncur deras ke sisi kanan gawang dan membuat Enyeama mati langkah. Argentina memimpin 2-1, dan menutup babak laga di babak pertama.

Saling Berbalas Gol

Seperti mendapat pompaan semangat baru, Nigeria langsung menggebrak saat memasuki babak kedua. Hasilnya dua menit berada di lapangan, menit 47, Musa kembali menciptakan gol bagi Nigeria. Sepakan mendatarnya ke sisi kiri gawang Argentin, tidak bisa ditebak Romero dengan baik. Skor kembali imbang 2-2.

Namun, Argentina tidak tinggal diam, selang tiga menit, tim tango langsung membalas gol Nigeria. Sepak pojok Lavezzi berhasil ditanduk Rojo dan diletakkan ke sisi kanan gawang Enyeama. Argentina unggul lagi 3-2.

Namun ternyata, gol Rojo menjadi torehan terakhir dalam laga tersebut. Tidak ada gol tambahan hingga wasit asal Italia, Nicola Rizzoli meniup pluit panjang, tanda 90 menit pertandingan berakhir. Nigeria harus mengakui keunggulan Argentina 2-3.

Meski takluk 2-3 dari Argentina, super eagles Nigeria tetap melaju ke babak 16 Besar Piala Dunia 2014. Karena di pertandingan Grup F lainnya, saingan mereka Iran, tumbang 1-3 dari wakil benua Eropa, Bosnia Herzegovina.

Nigeria menempati peringkat kedua klasemen akhir dengan perolehan empat poin. Sementara Argentina yang berhasil menyapu seluruh laga babak penyisihan grup dengan kemenangan, mendapat sembilan poin dan menjadi pimpinan klasemen.

Di babak 16 besar nanti, Nigeria akan berjumpa dengan juara Grup E, sedangkan Argentina akan berhadapan dengan runner up Grup E.

Susunan Pemain (Nigeria vs Argentina)

Nigeria (4-4-1-1): Enyeama (penjaga gawang), Ambrose, Yobo, Omeruo, Oshaniwa, Onazi, Mikel, Odemwingie (’80 Nwofor), Musa, Emenike, Babatunde (’66 Uchebo)

Cadangan: Ejide (penjaga gawang), Agbim (penjaga gawang), Uzoenyi, Gabriel, Egwuekwe, Moses, Kunle, Oboabona, Azeez, Shola Ameobi

Pelatih: Stephen Okechukwu Keshi (Nigeria)

Argentina (4-3-1-2): Romero, Garay, Zabaleta, Gago, Di Maria, Higuain (‘90+1 Biglia), Messi (’63 Alvarez), Masherano, Rojo, Fernandez, Aguero (’38 Lavezzi)

Cadangan: Andujar (penjaga gawang), Orion (penjaga gawang), Campagnaro, E. Perez, M. Rodriguez, A. Fernandez, Demichelis, Palacio, J. Basanta

Pelatih: Alejandro Sabella (Argentina)

Wasit: Nicola Rizzoli (Italia)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home