Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:16 WIB | Jumat, 28 Oktober 2022

Hawaii Peringatkan Warga Kemungkinan Gunung Mauna Lou Akan Meletus

Batuan cair mengalir dari Mauna Loa, yang terletak di bagian selatan-tengah pulau Hawaii, pada tanggal 4 April 1984. Pejabat Hawaii memperingatkan penduduk Pulau Besar untuk bersiap menghadapi kemungkinan bahwa gunung berapi aktif terbesar di dunia dapat meletus mengingat lonjakan gempa bumi baru-baru ini di puncak Mauna Loa. Para ilmuwan tidak memperkirakan gunung berapi itu akan meletus dalam waktu dekat, tetapi para pejabat mengingatkan orang-orang bahwa lava dapat mencapai beberapa rumah hanya dalam beberapa jam ketika itu terjadi. (Foto: dok. AP)

HONOLULU, SATUHARAPAN.COM- Pejabat Hawaii memperingatkan penduduk Big Island bahwa gunung berapi aktif terbesar di dunia, Mauna Loa, mengirimkan sinyal bahwa gunung itu mungkin akan meletus.

Para ilmuwan mengatakan letusan mungkin juga tidak akan terjadi dalam waktu dekat, tetapi mereka waspada karena lonjakan gempa bumi baru-baru ini di puncak gunung berapi. Para ahli mengatakan hanya butuh beberapa jam bagi lahar untuk mencapai rumah-rumah yang paling dekat dengan ventilasi di gunung berapi, yang terakhir meletus pada 1984.

Badan pertahanan sipil Hawaii mengadakan pertemuan di seluruh pulau untuk mendidik penduduk tentang bagaimana mempersiapkan kemungkinan keadaan darurat. Mereka merekomendasikan memiliki tas  dengan makanan, mengidentifikasi tempat tinggal setelah mereka meninggalkan rumah dan membuat rencana untuk berkumpul kembali dengan anggota keluarga.

“Jangan membuat panik semua orang, tetapi mereka harus menyadari bahwa Anda tinggal di lereng Mauna Loa. Ada potensi bencana lahar,” kata Talmadge Magno, administrator Pertahanan Sipil Kabupaten Hawaii.

Gunung berapi membentuk 51% dari daratan Pulau Hawaii, sehingga sebagian besar pulau berpotensi terkena letusan, kata Magno.

Ada lonjakan pertumbuhan di Big Island dalam beberapa dekade terakhir, populasinya meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 200.000 hari ini dari 92.000 pada 1980, dan banyak penduduk baru tidak ada saat Mauna Loa terakhir meletus 38 tahun lalu. Semakin banyak alasan mengapa Magno mengatakan para pejabat menyebarkan berita tentang ilmu gunung berapi dan mendesak orang untuk bersiap.

Mauna Loa,  tinggi13.679 kaki (4.169 meter) di atas permukaan laut, adalah tetangga yang jauh lebih besar dari gunung berapi Kilauea, yang meletus di lingkungan perumahan dan menghancurkan 700 rumah pada tahun 2018. Beberapa lerengnya jauh lebih curam daripada Kilauea sehingga ketika meletus, lavanya bisa mengalir lebih cepat.

Selama letusan tahun 1950, lahar gunung menempuh jarak 15 mil (24 kilometer) ke laut dalam waktu kurang dari tiga jam.

Observatorium Gunung Api Hawaii, yang merupakan bagian dari Survei Geologi Amerika Serikat, mengatakan Mauna Loa telah berada dalam keadaan "keresahan yang meningkat" sejak pertengahan bulan lalu ketika jumlah gempa bumi puncak melonjak dari 10 menjadi 20 per hari menjadi 40 menjadi 50 per hari.

Para ilmuwan percaya lebih banyak gempa bumi terjadi karena lebih banyak magma mengalir ke sistem reservoir puncak Mauna Loa dari titik panas di bawah permukaan bumi yang memberi makan batuan cair ke gunung berapi Hawaii. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home