Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 18:00 WIB | Sabtu, 12 Juli 2014

Hewan Peramal Juara Piala Dunia, Sekadar Penggembira?

Paul si Gurita. (Foto: dw.de).

SATUHARAPAN.COM – Piala Dunia 2014 tidak lepas dari berbagai tradisi unik dan aneh, tidak sekedar pesepak bola yang berlaga di lapangan, dan suporter yang memberi dukungan dari pinggir tribun penonton, tetapi hewan ikut ambil bagian dalam ajang sepak bola kasta tertinggi dunia ini.

Dalam penyelenggaraan beberapa Piala Dunia belakangan, beberapa hewan memiliki posisi yang tidak main-main, saat memprediksi siapa yang akan menjadi juara Piala Dunia.

Piala Dunia 2014 hampir berakhir, pada Minggu (13/7) dini hari WIB akan dihelat partai perebutan juara tiga dan empat antara Belanda menghadapi Brasil, sehari kemudian, Senin (14/7) dini hari WIB digelar pertandingan penentuan juara dunia, Tim Panzer, Jerman melawan Argentina.

Paul the Octopus adalah nama seekor gurita yang hidup di Sea Life Centre di Oberhausen, Jerman. Paul menjadi terkenal secara internasional karena berhasil tepat memprediksi tujuh pertandingan Jerman di Piala Dunia 2010, serta final yang dimenangkan Spanyol, kala itu.

Paul meramal dengan cara sebagai berikut, di dalam akuarium transparan tersedia dua kotak yang berisi masing-masing bendera negara yang akan bertanding, tidak hanya bendera namun ada makanan gurita yakni kerang laut. Para penonton yang melihat aksi Paul dari luar akuarium melihat bahwa kotak yang dipilih Paul disebut merupakan tim yang memenangkan pertandingan. 

Setelah  Paul si gurita mati pada  2010, dunia masih belum menemukan hewan peramal lain yang memiliki akurasi setinggi sang gurita dalam meramal hasil akhir pertandingan.

Di kawasan Timur Tengah pada 2014 ini muncul seekor unta bernama Shaheen asal Uni Emirat Arab yang meramal hasil akhir pertandingan Piala Dunia. 

Menurut aljazeera, Shaheen sukses menebak pemenang laga Brasil menghadapi Kroasia, Spanyol vs Belanda, Kroasia, Spanyol vs Belanda, Inggris vs Italia, dan juga Argentina vs Bosnia. Sayang tidak dijelaskan bagaimana cara Shaheen menebak hasil akhir final Piala Dunia yang akan berlangsung Senin (14/7) dini hari WIB mendatang.

Hewan lain yang populer karena dapat memprediksi hasil pertandingan sepak bola yakni seekor gajah Afrika yang kini menghuni taman konservasi di Jerman bernama Nelly, gajah ini meramal adalah dengan menendang bola ke arah gawang yang dipasangi bendera masing-masing tim.

Meskipun berasal dari Jerman, Nelly ternyata tidak serta merta mendukung Der Panzer. Ia hanya menjagokan Jerman menang atas Portugal. (aljazeera.com/ huffingtonpost.co.uk/scmp.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home