Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:39 WIB | Jumat, 21 Oktober 2016

Hiburan Akhir Pekan 22- 23 Oktober 2016

Rama Widi yang akan tampil bersama Indonesian Youth Orchestra dalam Konser Simfoni Pemuda di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat. (Foto: Galeri Indonesia Kaya)

SATUHARAPAN.COM - Aneka pertunjukan konser musik orkestra yang membangkitkan semangat Sumpah Pemuda,  pekan mode Jakarta Fashion Week, pemutaran film, dan festival kreativitas anak-anak muda, akan meramaikan akhir pekan, menjelang penghujung Oktober ini. Ada beberapa acara yang pantas dikunjungi selama akhir pekan, dan sangat sayang untuk dilewatkan bersama keluarga, teman, atau orang-orang terdekat.

Berikut acara pertunjukan dan hiburan pilihan Redaksi satuharapan.com yang dapat menemani pencinta seni dan hiburan melewatkan akhir pekan.

 

Sabtu 22 Oktober

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00: Konser Simfoni Pemuda

Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, menyajikan Konser Simfoni Pemuda oleh Indonesian Youth Concert Orchestra menampilkan Rama Widi.

Musisi-musisi muda Indonesia Youth Concert Orchestra akan bermain dalam format ensemble, memainkan lagu-lagu daerah dan lagu-lagu nasional, untuk membangkitkan semangat Sumpah Pemuda yang akan diperingati pada 28 Oktober mendatang, melalui musik. Konser ini menampilkan Rama Widi, pemain harpa muda Indonesia yang namanya telah mendunia. Pertunjukan disajikan secara interaktif sehingga penonton akan mendapatkan gambaran bagaimana pemuda berkarya mewujudkan cintanya pada Indonesia melalui musik simfonik.

Indonesia Youth Concert Orchestra (IYCO) adalah orkestra simfoni remaja yang dilatih musisi profesional Indonesia.  Anak-anak muda dari berbagai kota ini tampil perdana pada April 2016 di bawah arahan konduktor Addie MS.

Rama Widi adalah pemain harpa terbaik di Indonesia yang telah bermain dengan aneka orkestra di Eropa dan hampir semua orkestra di Indonesia, tur keliling Eropa dengan Zoltan Kodaly World Youth Orchestra, dan tur keliling Tiongkok dengan Symphonia Vienna Orchestra.

Selain menjadi pemain harpa laki-laki pertama, Rama juga menjadi harpist Indonesia pertama yang tampil solo dengan orkestra-orkestra ternama baik di Indonesia seperti Twilite Orchestra, Jakarta Chamber Orchestra, Capella Amadeus String Chamber Orchestra, maupun di Wina, Austria, seperti Symphonia Vienna Orchestra dan Joseph Haydn Konzertverein. Ia telah tampil lebih dari 30 kali sebagai soloist orkestra, 5 opera production, dan konser rutin lain baik solo recital ataupun chamber music.

Rama menjadi dosen di Universitas Mahidol Thailand dan bergabung dengan Thailand Philharmonic Orchestra dari tahun 2013-2014. Ia menggeluti dunia bisnis dan menjabat menjadi CEO perusahaan yang bergerak di bidang tangki minyak dan transportasi di beberapa kota di Indonesia.

 

Senayan City, Jakarta: Pekan Mode Jakarta Fashion Week 2016

Senayan City di Jakarta Selatan menjadi tempat penyelenggaraan pesta mode Jakarta Fashion Week, yang berlangsung dari 22-28 Oktober 2016.

Sejumlah desainer lokal ternama, seperti Barli Asmara, Itang Yunasz, Ivan Gunawan, Iwet Ramadhan, Sapto Djojokartiko, hingga Tex Saverio dijadwalkan memamerkan rancangan terbarunya di pekan mode yang pertama kali diselenggarakan pada 2008 itu.

Tahun ini, event fashion tahunan juga menampilkan serangkaian kolaborasi dengan berbagai organisasi dan pusat kebudayaan nternasional, seperti British Council, Council of Fashion Desaigner of Korea, Korea Creative Content Agency, Korean Cultural Center, dan Amazon Tokyo Fashion Week.

Acara ini juga akan diisi dengan talkshow seputar fashion oleh para ahli di bidangnya.

 

Graha Bhakti Budaya, TIM, pukul 18.30 WIB: “The Legends 4 Superheroes”

Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, menghadirkan musik orkestra Trinity Youth Symphony Orchestra berjudul  “The Legends 4 Superheroes”.

Seri Legends adalah konser orkestra tahunan yang diselenggarakan Trinity Youth Symphony Orchestra, yang menampilkan soundtrack film legendaris. Tahun ini, ditampilkan soundtrack dari Avengers, Batman, Superman, Transformers, Starwars, Game of Thrones, Spiderman, James Bond, Saint Seiya, Sailor Moon, Powerpuff Girls, dan masih banyak lagi.

Pertunjukan ini disutradarai Nathania Karina, dan menampilkan bintang tamu termasuk Naura (penghargaan penyanyi anak di Indonesia), Maylaffayza (crossover terkemuka di Indonesia pemain biola), Ivan Handojo, Nesia Ardi (penyanyi jazz wanita terkemuka di Indonesia), Trisouls, Regina Handoko, (soprano dan pemain harpa), serta Paduan Suara CFJ.

Pendaftaran dilakukan dengan meghubungi http://livelifesg.com, penyelenggara akan menghubungi Anda untuk perincian pembayaran.

 

Kampus 2 FSRD ISI Surakarta, pukul 09.00: Kampung Seni 2016

Kampus 2 FSRD ISI Surakarta di Jl Ringroad Mojosongo KM 5.5, Surakarta, menjadi ajang penyelenggaraan Kampung Seni 2016 yang diselenggarakan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta.

Acara yang berlangsung pada Sabtu (22/10) antara lain: Workshop Keramik dan Topeng Kertas, Workshop Craft, Mural, Tari Texas, dan Stomp Keroncong, Bekawan, Musik Melayu, Horse Race, Hey Mister.

Acara yang berlangsung pada Minggu (23/10) antara lain: Workshop Batik Abstrak, Fashion Show Batik, Tari Lenggasor, Screening, Ketoprak, Catur Akustik, GRUB, The Runts, Soloensis dan parade band.

Info selengkapnya dapat menghubungi 081805171081 (Fitri), Instagram: dikampungseni, Fanpage: Kampung Seni ISI Surakarta, Twitter: @dikampungseni.

 

Parking Area, Mall Artha Gading-Jakarta: Concert 9 Days Party on the Park

Parking Area Mall Artha Gading di Jakara Utara menjadi tempat penyelenggaraan Concert 9 Days Party on the Park pada  22-30 Oktober 2016.

Acara antara lain: Games & Hobbies Corner, Light & LED Party Show, Body Painting Artis & DJ’s Performing, Local Hero Gigs.

Endang Soekamti, Souljah, DJ Yasmin, Teza Sumendra Gamalierl Audrey dan Cantika (GAC), Lil Rascal, Available booth forClothing, Fashion & More Creative Product.

 

Lippo Puri Mall, Aeon Mall BSD, Plaza Indonesia, Mall Paris Van Java Bandung: Pesta Halloween

Lippo Puri Mall, Aeon Mall BSD, Plaza Indonesia, Mall Paris Van Java Bandung menggelar acara Pesta Halloween bertemakan Miniapolis “Crick-a-boo : Crick or Treat”, 22 - 23 dan 29 – 30 Oktober 2016.

Jadwal acara sebagai berikut : Sabtu (22/10) di Lippo Puri Mall, pukul 14.00- 16.00,  di Mall Aeon BSD pada Minggu (23/10) pukul 14.00- 16.00, di Mall Paris Van Java Bandung pada Sabtu (29 Oktober 2016) pukul 14.00- 16.00, di Mall Plaza Indonesia  pada Sabtu (29/10) dan Minggu (30/10) pukul 14.00 – 17.00.

Pesta Halloween bertemakan “Miniapolis Crick-a-boo : Crick or Treat” dikhususkan untuk anak-anak, dalam bentuk parade kostum berkeliling di sekitar tenant Miniapolis, Trick or Treat, Costume Competition, dan Candy Shower. Acara lainnya yaitu Halloween Bazaar, Costume Competition, Trick or Treat Parade, Halloween Bag Decoration, Candy Shower, Kids Performance.

Info dan kontak:Telp: 081517218566, Facebook: Miniapolis Playground, Twitter: @Miniapolis_Indo, Instagram: @MiniapolisPlayground, Website: myminiapolis.com.

 

Bentara Budaya Jakarta, pukul  10.00 – 18.00: Pameran Seni Rupa – Widi S Martodihardjo

Bentara Budaya Jakarta di Jakarta Pusat menyelenggarakan Pameran Seni Rupa – Widi S Martodihardjo, 21 – 29 Oktober 2016.

Widi S Martodihardjo, seniman muda yang menyelesaikan studi di  Universitas Pasundan Bandung, mengawali karya seni rupanya di atas kertas, dan saat ini tidak hanya berupaya mengeksplorasi dari banyak hal di lingkungan sekitarnya, tetapi juga di lingkungan lain secara lebih luas. Menurut Bambang Subarnas, pengamat lukisan dari Bandung, karya-karya Widi tidak hanya sebatas ekspresi jiwa, tetapi juga hasil dari pergulatan rasa yang selama ini ia alami terutama saat harus berinteraksi dengan banyak hal termasuk kemajuan teknologi dan perubahan zaman.

Sejumlah karya akan dipamerkan di Bentara Budaya Jakarta, dengan tema “In Between”, dan dibantu penulisan oleh Efix Mulyadi, kurator Bentara Budaya.

 

Minggu 23 Oktober

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00: Poetra Poetri Indonesia

Galeri Indonesia Kaya menghadirkan Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau yang menayangkan film-film pendek videografer “Poetra Poetri Indonesia”.

Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) adalah perkumpulan relawan yang terdiri atas profesional yang peduli terhadap pendidikan dasar anak di kepulauan Indonesia. Para profesional ini berbagi, menginspirasi, serta membangun cita-cita dan karakter anak kepulauan dengan melibatkan sekolah, lingkungan, dan masyarakat.

Selama kegiatan inspirasi di pulau, relawan tidak hanya hadir untuk menceritakan manfaat profesi dan cara mereka bekerja, tetapi juga berbagi tentang bagaimana cara mereka meraih cita-citanya. Seluruh cerita tersebut disampaikan dalam bahasa anak-anak.

KIJP telah mengadakan kegiatan-kegiatan berbagi inspirasi dan community development di 15 sekolah dasar di Kepulauan Seribu dan Banten sejak tahun 2014. Dalam setiap kegiatannya, KIJP selalu melibatkan relawan-relawan foto dan videografer untuk mengabadikan momen-momen para relawan bersama murid-murid sekolah dasar dan masyarakat pulau.

Acara “Kami Poetra dan Poetri Indonesia” merupakan sebuah pemaparan bukti nyata tentang kiprah pemuda dan pemudi Indonesia masa kini. Dalam acara ini, KIJP akan menayangkan film-film pendek karya relawan videografer yang mengangkat tingkah polah anak pulau, termasuk bagaimana mereka merespons kegiatan inspirasi yang disampaikan oleh relawan di pulau mereka. Penikmat seni juga akan berkesempatan untuk berdialog langsung dengan para filmmakers dan relawan KIJP yang lain. Tampil pula musisi dan seniman KIJP yang telah berjuang bersama untuk pendidikan dasar anak-anak, khususnya di kepulauan Indonesia.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home