Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 14:42 WIB | Kamis, 05 Desember 2013

Hingga Akhir 2013, Penyaluran KUR Optimis Capai Rp 36 Triliun

Presiden SBY, didampingi Menko Perekonomian dan Menakertrans saat meluncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tenaga kerja Indonesia (TKI). (Foto: komite-kur.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah optimistis akan mampu menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 36 triliun sampai akhir tahun 2013, berkat bantuan seluruh bank yang terlibat.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Choirul Djamhari mengatakan masih cukup waktu memenuhi target realisasi tersebut. ”Didukung seluruh perbankan yang terllibat dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR), kami optimistis angka Rp 36 triliun bisa tercapai,” kata Choirul, pada Selasa yang lalu (4/12) di Jakarta.

Optimisme tersebut sangat beralasan, karena kinerja tujuh perbankan nasional, masing-masing Bank BNI, BRI, Mandiri, BTN, Bukopin, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah terus optimal.

Menurut Choirul, total penyaluran hingga Oktober sudah mencapai angka Rp 31,5 triliun. Bank BRI menargetkan penyaluran Rp 19 triliun, namun realisasinya hingga Oktober 2013  mencapai Rp 22,9 triliun. Bank peserta lainnya memang belum mencapai target, akan tetapi perhitungan penyaluran yang dikeluarkan Kementerian Koperasi dan UKM di bawah koordinasi Kementerian Koordinasi Perekonomian, belum termasuk laporan penyaluran pada November dan Desember.

Penyaluran KUR Perbulan Rp 3 Triliuan

Secara terpisah, Asisten Deputi Urusan Resrukturisasi Kementerian Koperasi dan UKM, Willem Halomoan Pasaribu mengatakan, pemerintah optimistis keberhasilan target penyaluran, karena secara average penyaluran KUR setiap bulan sekitar Rp 3 triliun.

”Dengan asumsi penyaluran pada November dan Desember sebesar Rp 6 triliun, maka total penyaluran KUR akan mencapai Rp 36 triliun, setelah diakumulasi dengan jumlah yang sudah direalisasi sebesar Rp 31,5 trliun,” kata Willem Halomoan.

Menurut Willem, andalan lain dari penyaluran KUR tetap kepada Bank-Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang tergabung dalam asosiasi bank daerah (Asbanda). Seluruh Bank Pembangunan Daerah ada 23 yang sudah bersatu menjadi penyalur peserta dana KUR.

Dia mengungkapkan, target yang disanggupi Asbanda dalam menyalurkan KUR sebesar Rp 5,25 triliun. Sementara untuk jumlah yang sudah tercapai hingga Oktober sebesar Rp 3,1 triliun. (Setkab)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home