Loading...
MEDIA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:41 WIB | Jumat, 08 Oktober 2021

Hoaks Mr Bean Pindah Agama

Tangkapan layar hoaks Mr. Bean Masuk Islam (Facebook)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Beredar narasi di media sosial bahwa aktor Rowan Atkinson yang terkenal lewat perannya sebagai Mr. Bean telah memeluk agama Islam.

Dalam salah satu unggahan di Faceook pada 4 Oktober 2021 membagi tautan dengan judul "Akhirnya Komedian Dunia, Mr. Bean Mengucapkan Dua Kalimah Syahadat".

Unggahan itu pun disukai 3,7 ribu kali, 181 kali dibagikan, dan dikomentari sebanyak 480 kali. 

Lalu benarkah Mr. Bean telah masuk Islam?

Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran Antara tidak ada informasi atau berita valid mengenai kepindahan Mr. Bean menjadi pemeluk Islam. Informasi Mr. Bean menjadi muslim telah beredar pada 2013 dan telah menjadi topik hangat serta perdebatan masyarakat dunia. 

Situs nu.or.id. yang berjudul "Benarkah Mr Bean Masuk Islam?" yang diunggah pada 3 Oktober 2013 juga meragukan kabar tersebut. 

"Tidak adanya pernyataan resmi dari Atkinso sehingga kliam tersebut diragukan," tulis nur.or.id.

Tak hanya lewat dari berita, kabar burung mengenai Rowan Atkinson pindah agama juga beredar lewat youtube yang menampilkan Rowan Atkinson sedang mengangkat jari telunjuknya. 

Gerakan itu ditafsirkan oleh banyak orang sebagai simbol syahadat, padahal bisa saja Atkinson meminta untuk diam atau hal lainnya. 

Situs nu.or.id juga menyatakan modus hoaks serupa pernah menimpa Paus Benediktus XVI ketika dia bersedekap saat mengunjungi masjid Biru di Turki. Gerakan itu kemudian ditafsirkan sebagai gerakan sholat. 

Klaim: Hoaks! Mr. Bean Masuk Islam
Rating: Hoaks


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home