Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:50 WIB | Senin, 21 Februari 2022

Hong Kong: Hanya yang Sudah Divaksin Boleh di Tempat Umum

Vaksinasi COVID-19 di Hong Kong. Pemerintah Hong Kong akan meluncurkan "paspor vaksin" kontroversial pada hari Kamis yang memungkinkan hanya orang yang disuntik yang dapat memasuki tempat-tempat seperti supermarket dan clubhouse, sebuah langkah yang menurut beberapa kritikus menimbulkan masalah privasi. (Foto: dok. AFP)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Hong Kong mengkonfirmasi pada hari Senin (21/2) bahwa gelembung vaksinnya akan diperluas untuk mencakup pusat perbelanjaan dan supermarket. Namun ada pengecualian dan inspeksi secara acak akan terjadi di beberapa lokasi, karena pihak berwenang berusaha memerangi lonjakan rekor baru dalam infeksi COVID-19.

Wabah virus corona telah membanjiri fasilitas perawatan kesehatan di Hong Kong dengan tertinggi harian baru mencapai 7.533 kasus infeksi dan 13 kematian, di antara mereka termasuk seorang anak berusia 11 bulan.

Ketika sebagian besar kota besar belajar untuk hidup dengan virus, Hong Kong telah memberlakukan pembatasan terberatnya, dan Presiden China, Xi Jinping, mengatakan bahwa mengendalikan penyakit adalah "misi utama" kota itu.

Kebijakan "nol-COVID" di Hong Kong, yang mencerminkan kebijakan di daratan China, telah berkontribusi pada kesengsaraan dan hasilnya tidak berkelanjutan, kata beberapa ahli.

Pemerintah akan meluncurkan "paspor vaksin" kontroversial pada hari Kamis mendatang yang memungkinkan hanya orang yang disuntik yang boleh memasuki tempat-tempat seperti supermarket dan clubhouse. Ini sebuah langkah yang menurut beberapa kritikus menimbulkan masalah privasi.

Rencana tersebut mengharuskan siapa pun yang berusia 12 tahun ke atas untuk mengambil setidaknya satu dosis vaksin untuk memasuki tempat tertentu, kecuali bagi mereka yang memiliki pengecualian medis, meskipun inspeksi akan dilakukan secara acak di beberapa lokasi, mengingat sumber daya yang terbatas.

“Membawa izin vaksin Anda adalah hal yang wajar untuk dilakukan,” kata Kevin Choi, wakil sekretaris untuk makanan dan kesehatan.

Kesulitan operasional di beberapa tempat, seperti pusat perbelanjaan, supermarket, dan department store, membuat sulit untuk memastikan pemeriksaan aktif, tambahnya.

Tahap akhir dari skema tersebut, pada akhir Juni, akan mengharuskan mereka yang berusia di atas 18 tahun memiliki tiga dosis vaksin, kata pihak berwenang.

Rumah sakit umum di Hong Kong telah sangat terbengkalai, dengan tingkat hunian lebih dari 95 persen, karena mereka berjuang untuk mengatasi masuknya pasien, termasuk orang tua, yang banyak di antara mereka menolak vaksinasi.

Gelombang kelima penyakit ini "ganas" dan pemerintah harus mengalokasikan dana yang cukup untuk membantu warga dan bisnis. Sekretaris Keuangan, Paul Chan, yang akan menyampaikan anggaran tahunan pada hari Rabu, mengatakan di blognya pada akhir pekan.

Kecuali anggaran memberikan langkah-langkah bantuan yang belum pernah terjadi sebelumnya, kata para ekonom, akan sulit untuk melihat bagaimana ekonomi dapat menghindari kontraksi lagi setelah muncul tahun lalu dari resesi paling berkepanjangan, yang berlangsung dari 2019 hingga 2020. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home