Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 19:26 WIB | Selasa, 20 Mei 2014

Icuk Tak Tuntut Wakil Rakyat Olahragawan

Icuk Tak Tuntut Wakil Rakyat Olahragawan
Icuk Sugiarto (beridiri, ketiga dari kiri) . (Foto-foto: Prasasta Widiadi)
Icuk Tak Tuntut Wakil Rakyat Olahragawan
Utut Adianto saat membuka Japfa Chess Festival pada April 2014.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM  – Untuk memahami latar belakang berbagai problematika bidang olah raga, seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tidak harus atlet atau mantan olah ragawan, tetapi yang terpenting yakni dia mau terjun dan berkomitmen menyelesaikan berbagai masalah di berbagai cabang olah raga. Icuk Sugiarto melontarkan pernyataan ini kepada satuharapan.com pada Sabtu (17/5) di Hall Badminton, Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Sekarang permasalahannya di anggota DPR tidak penting ada wakil dari bidang olahraga atau tidak, tetapi wakil rakyat itu tahu dan mau mengusung permasalahan di bidang olahraga,” kata Icuk.

Pebulu tangkis senior yang pernah berjaya pada 1980-an ini menyatakan bahwa fungsi  wakil rakyat yang terpenting  adalah tahu persis membuat undang-undang  yang tepat, dan fungsi tersebut  akan berhasil apabila ada dukungan dari pemerintah, masyarakat, dan media. 

“DPR itu bukan tempat untuk pamer, di situ adalah tempat dia bekerja,” lanjut Icuk.

Icuk mengatakan siapa pun orangnya, seorang anggota DPR juga tetap  punya komitmen tinggi terhadap bidang olah raga. “Kalau tidak nanti yang terjadi, maka dia seharian hanya diam dan duduk. Itu tidak gampang lho, karena buat saya lebih optimal melakukan aktifitas berlatih berjam-jam di lapangan bulu tangkis dari pada duduk manis mengikuti jalannya rapat,” tambah Icuk.

Pada periode 2014-2019  tiga atlet dari tiga cabang olahraga berbeda akan menjadi wakil rakyat. Pertama Utut Adianto. Grand Master catur ini menjadi wakil rakyat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan daerah pemilihan Jawa Tengah VII, dengan perolehan suara 67.001. 

Selanjutnya adalah Moreno Suprapto. Anak dari tokoh otomotif Tinton Soeprapto itu berhasil menjadi wakil rakyat dengan perolehan 52.921 suara. Dia maju menjadi calon legislatif melalui Partai Gerindra dari daerah pemilihan Jawa Timur V. Tercatat ada 23 prestasi dia raih di lintasan balap sejak 1994 hingga 2008.

Terakhir adalah mantan petenis Yayuk Basuki. Dia maju sebagai caleg dari Partai Amanat Nasional untuk daerah pemilihan Jawa Tengah I dengan meraih 25.615 suara

“Ya bolehlah kita dukung kalau ada atlet yang jadi anggota DPR, tetapi yang penting saya harus bisa melihat ke depannya nanti apakah mereka bisa menjawab tantangan dari teman-teman olahraga,” tutup Icuk Sugiarto.

Icuk Sugiarto merupakan salah satu pebulu tangkis pada nomor tunggal putra  bersama Liem Swie King, Lius Pongoh, Hastomo Arbi, Kartono, di era 1980-an. Icuk kini melatih di klub PB Pelita Bakrie.

Putra ke tiga dari tujuh bersaudara ini menikah dengan  Nina Yaroh, mantan pebulu tangkis putri asal Medan, dan dikaruniai dua putri, Natassia Octaviani Sugiarto, dan Jauza Fadhilla Sugiarto, serta satu putra, Tommy Sugiarto, yang kini menjadi salah satu pebulu tangkis andalan Indonesia di ajang  Piala Thomas 2014.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home