Loading...
INDONESIA
Penulis: Ignatius Dwiana 18:21 WIB | Senin, 09 Juni 2014

ICW Rekomendasi 5 Program Anti Korupsi

Wakil Pimpinan KPK Bambang Widjojanto. (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Koordinator bidang politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Abdullah Dahlan mengemukakan rekomendasi lima program pemberantasan korupsi untuk pasangan capres-cawapres pada pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 ini.

Dia menjabarkan kelima program itu di Jakarta pada Senin (9/6) antara lain memperkuat penegakkan hukum dalam pemberantasan korupsi, mewujudkan keadilan ekonomi dan kedaulatan sumber daya alam, meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas keuangan negara, memperkuat posisi negara atas kooptasi partai politik, dan mewujudkan birokrasi bersih dan pelayanan publik berkualitas untuk kesejahteraan rakyat.

Rekomendasi itu pun disambut baik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahkan KPK mengimbau pasangan capres-cawapres mendengar dan mengadaptasi rekomendasi itu.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menyebutkan lima program rekomendasi ICW untuk pasangan capres-cawapres merupakan wujud partisipasi publik.

"Kegagalan antikorupsi selama ini karena publik tidak dilibatkan dalam proses antikorupsi. Seluruh hal yang dibahas ICW itu wujud hendak melaksanakan dan mengembalikan mandat amanah konstitusi, yakni  bagaimana meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan menjamin pemberian hak-hak dasar masyarakat," kata Bambang.

Bambang menilai kedua pasangan capres-cawapres, belum menjelaskan dari mana uang untuk menjalankan program yang tercantum dalam visi-misinya. Padahal, kata dia, hal itu penting agar sistem pendanaan menjadi jelas.

"Contohnya di hampir seluruh negara maju masalah pajak itu menjadi salah satu fokus dalam debat capres-cawapres, masalah pajak menjadi utama, karena penting untuk menjelaskan dari mana uang untuk menjalankan program-program capres-cawapres itu," kata Bambang. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home