Loading...
EKONOMI
Penulis: Kartika Virgianti 20:51 WIB | Senin, 30 September 2013

IIMS 2013 Sukses Menjual Ratusan Unit Mobil Murah

Mobil murah ramah lingkungan (LCGC) pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang diselenggarakan pada tanggal 19-29 September 2013 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, untuk mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC), sukses terjual ratusan unit.

Pada IIMS 2013 pertama kalinya Agen Tunggal Pemegang Merek memunculkan nama-nama mobil murah yang ditunggu-tunggu masyarakat. Misalnya Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Suzuki Wagon dan beberapa merek mobil yang lain seperti dari merek baru Datsun dengan produk Datsun Go. Kisaran harga mobil murah yang ditawarkan berbagai merek itu berkisar Rp. 76 juta hingga 120 juta.

Sedangkan yang masih prototipe, seperti Daihatsu mengaku sudah menyiapkan mobil yang harganya dibawah Ayla, yaitu Daihatsu NC-Y dan NC-Z.

Mobil terbaru andalan Daihatsu sepertinya menjadi magnet terbesar dari program LCGC tahun ini. Dibanding LCGC yang lain, Daihatsu Ayla memang paling murah. Mobil yang dibanderol dengan harga termurah Rp 76,5 juta ini bahkan sudah di-booking sekitar 8.500 unit sejak dikenalkan di IIMS 2012 tahun lalu sampai pada perhelatan IIMS tahun ini.

Mobil Murah yang Ditunggu Masyarakat

Selama perhelatan 10 hari itu, PT Astra Daihatsu Motor-Sales Operation  (ADM-SO) mengaku sudah menjual Ayla sebanyak 343 unit, Terios 101 unit, Gran Max pikap 23 unit, Sirion 19 unit, Luxio 14 unit, dan Gran Max minibus delapan unit. Sekitar 55,8 persen penjualan di IIMS diraih Ayla.

Data yang diterima dari Jumat (27/9), hingga Minggu (29/9), Toyota berhasil menjual 738 unit yang termasuk di dalamnya Agya sebanyak 140 unit, Avanza terjual 214 unit, Toyota hanya menjual 103 unit. Etios Valco, Hacthback merek terbaru hanya terjual 74 unit.

Daihatsu terjual 430 unit, penjualan Xenia mengalami penurunan dari tahun lalu terjual 187 unit, tahun ini hanya 137.

Pengunjung Menurun, Mobil Tetap Laris Terjual

Tempat penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) dari tahun ke tahun semakin besar. Tahun ini total area yang digunakan mencapai lebih dari 75.000 m², naik dari tahun sebelumnya yang menggunakan lahan 70.000 m².

Namun begitu, jumlah pengunjung yang datang tahun ini sepertinya menurun. Dari data yang diperoleh, jumlah pengunjung IIMS 2013 hingga sehari menjelang penutupan baru mencapai 267.287 orang, sementara tahun lalu jumlah pengunjungnya bisa mencapai 368.000 orang. Turunnya pengunjung diakui oleh pihak penyelenggara.

”Memang tidak begitu banyak tapi market yang datang itu tetap merupakan segmen yang kita tuju,” kata Public Relation Assistant Manager Dyandra Promosindo, Diah Putri (28/9) seperti dikutip dari jpnn.com.

Mobil Murah, Cicilan Mudah

Bukan saja mobilnya yang murah, kreditnya juga sangat ringan. Salah satunya PT. BII Finance Center menawarkan tenor cicilan sampai dengan tujuh tahun untuk kendaraan penumpang.

”Pokoknya semua jenis penumpang yang baru, mobil murah juga bisa dikredit selama tujuh tahun,” kata Alexander, Presiden Direktur BII Finance Center pada jpnn.com.

Ia bahkan berjanji tidak akan menghentikan program tenor panjang itu hanya pada saat IIMS saja, tetapi juga setelah IIMS dengan syarat dan ketentuan khusus. Selama lima tahun bunganya sebesar 6,5 persen dan dua tahun berikutnya dikenakan bunga 7,5 persen. “Pengajuannya normal-normal saja seperti kredit lainnya. Uang mukanya juga tetap 30 persen,” jelasnya.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home