Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 16:07 WIB | Sabtu, 10 September 2016

Ilmuwan Namakan Parasit Baru Sesuai Nama Obama

Presiden Barack Obama menikmati kelapa muda saat dia berhenti mendadak untuk minum di pinggiran Sungai Mekong di Luang Prabang 7 September 2016. Obama menjadi presiden AS pertama yang mengunjungi Laos, dia tiba di Vientiane pada 5 September untuk menghadiri KTT Asean. (Foto: AFP)

MIAMI, SATUHARAPAN.COM - Ilmuwan Amerika Serikat (AS) menemukan spesies baru cacing pipih parasit yang menginfeksi penyu di Malaysia, dan menamakannya sesuai dengan nama Barack Obama untuk mengormati presiden AS tersebut. 

Cacing pipih tersebut, dinamakan Baracktrema obamai, sangat tidak biasa sehingga nama itu bukan hanya untuk sebutan spesies baru tapi untuk genusnya juga.

“Ini pertama kalinya tindakan semacam itu diambil untuk kelompok parasit penyu dalam 21 tahun,” menurut laporan di Journal of Parasitology pada 8 September.

Spesies tersebut ditemukan Thomas Platt, seorang ahli di bidang parasit penyu yang baru-baru ini pensiun dari Saint Mary's College di negara bagian Indiana.

Dia mengatakan dia terinsipirasi untuk menamakannya sesuai dengan Obama, sebagian karena cacing tersebut “menghadapi rintangan berat untuk menyelesaikan perjalanan mereka dan harus melawan sistem kekebalan inangnya untuk tumbuh dewasa dan bereproduksi.

“Saya sudah menamakan sejumlah spesies berdasarkan orang-orang yang saya kagumi, mulai dari ayah mertua saya, dan teman baik yang merupakan akademisi dan atau naturalis amatir,” kata Platt dalam sebuah pernyataan.

“Baracktrema obamai akan bertahan selama ada sistematik yang mempelajari organisme luar biasa ini.”

Para ilmuwan berharap penemuan itu akan meningkatkan kesehatan masyarakat dengan menambahkan penelitian mengenai cacing pipih terkait yang bisa menyebabkan schistosomiasis, penyakit yang menginfeksi puluhan juta orang per tahun di seluruh dunia dan bisa mematikan. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home