Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:25 WIB | Jumat, 11 Maret 2016

Ilmuwan Temukan Rekayasa Lensa dari Sel Induk

Seorang peneliti melakukan pembenihan sel induk di laboratorium. Kini teknologi kedokteran memungkinkan pencangkokan sel induk penderita untuk digunakan menyembuhkan penyakit kanker. (Foto: voaindonesia.com)

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Orang-orang yang mengalami penurunan daya penglihatan, kemungkinan suatu hari bisa memiliki kornea dan lensa baru yang tumbuh dari sel mereka sendiri, dan tidak perlu menjalani transplantasi lagi, menurut sebuah riset yang diterbitkan pada Rabu (9/3).

Dalam makalah yang diterbitkan di jurnal Nature, sebuah tim riset mengatakan mereka berhasil merekayasa kornea dari sel induk di laboratorium, sementara tim lainnya membentuk lensa di dalam mata manusia.

“Dua studi ini, menggambarkan potensi regeneratif dan terapeutik luar biasa pada sel induk,” tulis Julie Daniels dari University College London Institute of Opthalmology, yang menganalisis makalah yang juga diterbitkan Nature.

Untuk bisa bekerja dengan sempurna, kornea dan lensa harus benar-benar transparan. Terkadang, akibat penyakit atau penuaan, keduanya menjadi buram dan perlu diganti dengan donor cangkok buatan.

Prosedur semacam itu kurang terpercaya, dan dalam beberapa kasus cangkoknya ditolak oleh tubuh si penerima.

Sel induk biasanya memberikan harapan karena bisa diambil dari tubuh sang pasien sendiri, sehingga mengurangi risiko ditolak.

Sel induk adalah sel primitif yang, saat sudah matang, terbagi menjadi berbagai sel khusus yang membentuk organ berbeda.

Sampai beberapa tahun yang lalu, satu-satunya cara untuk memperoleh sel induk adalah mengambilnya dari embrio manusia, sebuah praktik kontroversial karena membutuhkan penghancuran embrio yang bersangkutan.

Namun, saat ini para ilmuwan telah mengembangkan sel induk yang bersifat pluripoten (induced pluripotent stem cells/iPSC), yang merupakan sel matang yang kembali ke kondisi sebelumnya untuk kemudian bisa berdiferensiasi kembali.(AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home