Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 11:54 WIB | Senin, 16 Oktober 2023

IMF: Pertumbuhan Ekonomi Jangka Menengah Sangat Lemah

Pejabat Dana Moneter Internasional (IMF), Gita Gopinath. (Foto: Ist)

MARRAKESH, SATUHARAPAN.COM-Pejabat Dana Moneter Internasional (IMF), Gita Gopinath, mengatakan bahwa “sangat meresahkan karena prospek pertumbuhan ekonomi dunia dalam jangka menengah terlihat sangat lemah.

Ada beberapa alasan yang patut diwaspadai, mulai dari tingginya tingkat lapangan kerja yang dicapai di banyak negara hingga bukti ketahanan yang terlihat dalam sistem keuangan pada tahun lalu, kata wakil direktur pelaksana pertama lembaga pemberi pinjaman yang berbasis di Washington tersebut.

Meski begitu, perekonomian dunia menghadapi tantangan dan risiko yang besar, katanya kepada Tom Keene dari Bloomberg Television dalam diskusi panel di kota Marrakesh, Maroko.

“Yang meresahkan adalah lemahnya pertumbuhan dalam jangka menengah,” kata Gopinath. Sementara itu, “inflasi telah turun, namun pekerjaan belum selesai.”

Risiko guncangan geopolitik dan keuangan lebih lanjut tidak dapat diabaikan, terutama saat ini karena dunia berada dalam “lingkungan suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu lebih lama,” tambahnya.

“Ini akan menjadi jalan yang bergelombang,” kata Gopinath. “Ada banyak hal yang harus kita perhatikan dengan cermat.”

Penampilan Gopinath pada hari Jumat (13/10) bersama tiga perempuan senior lainnya di bidang keuangan pada pertemuan tahunan IMF. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home