Loading...
EKONOMI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 17:33 WIB | Minggu, 10 November 2013

India Berminat Investasi Pabrik Semen di Lebak

Ilustrasi semen. (Foto: ant)

LEBAK, SATUHARAPAN.COM - Perusahaan India berminat investasi pabrik semen di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, guna mendukung proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia.

"Kita ingin berinvestasi pabrik semen di Lebak karena bahan baku dasar pembuatan semen melimpah," kata Direktur PT Bhakta Insusindo Kumar saat meninjau lokasi di Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak, Minggu (10/11).

Menurut dia, perusahaan India tersebut ingin mengembangkan investasi pabrik semen karena kebutuhan pasar nasional masih kurang.

Apalagi, adanya proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Karena itu, pihaknya berminat berinvestasi pabrik semen berlokasi di Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak.

"Saya yakin jika pabrik semen berdiri dipastikan bisa memenuhi kebutuhan pasar nasional," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya meninjau lokasi beberapa desa di Kecamatan Bojongmanik karena terdapat bahan baku semen, seperti batu gamping, tanah liat dan batu kapur.

Setelah meninjau lokasi itu, kata Kumar, nanti hasilnya akan dianalis oleh perusahaan.

"Kami berencana membuka pabrik semen ini akan menggandeng perusahaan Inggris," katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Penanaman Modal Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BMP2T) Kabupaten Lebak Agianto Ahmad Tahir mengatakan, selama ini banyak perusahaan asing yang berminat membuka pabrik semen di Lebak.

Sebab potensi bahan baku semen di Kabupaten Lebak tersebar di Kecamatan Bayah, Cilograng, Panggarangan, Bojongmanik dan Muncang.

Bahkan, belum lama ini Menteri Perekonomian Hatta Rajasa menghadiri `launching` pabrik semen PT Cemendo Gemilang yang memproduksi semen Merah Putih di Kecamatan Bayah.

"Kami berharap perusahaan India bisa berinvestasi di Lebak sehingga dapat menyerap lapangan pekerjaan bagi masyarakat," katanya.

Ia menyatakan, pemerintah daerah memberikan jaminan keamanan sejalan dengan misi dan visi Kabupaten Lebak menjadikan daerah ini kondusif untuk berinvestasi.

Selain itu juga proses perizinan bagi investor asing maupun domistik diberikan kemudahan dan tidak bertele-tele sepanjang terpenuhi persyaratan. 

"Kami terus mendorong bahwa Lebak dijadikan daerah investasi dengan melakukan promosi-promosi untuk menarik investor," katanya. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home