Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 09:56 WIB | Senin, 26 Januari 2015

India dan AS Capai Perjanjian Nuklir Sipil

Perdana Menteri India Narendra Modi (kiri) memeluk Presiden AS Barack Obama di Pangkalan Udara Palam, New Delhi, 25 Januari 2015. Barack Obama pada 25 Januari 2015 melakukan kunjungan kedua sebagai presiden, yang bertujuan untuk memperkuat hal yang dia sebut sebagai salah satu kerja sama terbaik abad 21. (Foto: AFP)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM - Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengumumkan bahwa mereka sudah mencapai perjanjian pada Minggu (25/1) untuk memecah kebuntuan yang menghambat implementasi perjanjian energi nuklir sipil.

“Saya bersyukur bahwa enam tahun setelah kami menandatangani perjanjian bilateral kami, kami melakukan kerja sama komersial, sesuai dengan hukum kami (dan) kewajiban hukum internasional kami,” ujar Modi dalam konferensi pers gabungan bersama Obama di ibu kota India, New Delhi.

Kedua negara tersebut pada 2008 lalu telah menandatangani sebuah kesepakatan penting yang memberikan India akses terhadap teknologi nuklir sipil, namun implementasinya tertunda karena adanya kekhawatiran dari AS mengenai aturan ketat India terhadap kewajiban dalam hal kecelakaan nuklir.

Meski tidak ada keterangan lengkap mengenai bagaimana kebuntuan tersebut telah teratasi, India kabarnya telah menawarkan untuk mendirikan sektor asuransi dalam mengganti kerugian perusahaan yang membangun reaktor di negara tersebut terhadap kewajiban dalam kasus kecelakaan nuklir.

“Hari ini kami mencapai pemahaman penting mengenai dua isu yang menghambat kemampuan kami untuk mencapai kerja sama nuklir sipil dan kami berkomitmen untuk melakukan implementasinya secara penuh,” ujar Obama.

“Ini adalah sebuah langkah penting yang menunjukkan bagaimana kami bekerja bersama dalam meningkatkan hubungan kami.” (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home