Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 18:26 WIB | Senin, 01 Agustus 2016

Indonesia Jangan Gagal Jadi Negara Maju karena Intoleransi

Kepala Kantor Staf Kepersidenan Teten Masduki di Hotel Rancamaya Bogor Jawa Barat, hari Senin (1/8). (Foto: Endang Saputra)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM – Kepala Kantor Staf Kepersidenan Teten Masduki mengatakan, banyak negara gagal melompat menjadi negara maju hanya karena kasus intoleransi. Oleh karena itu, kerja sama antar lembaga sangat penting guna membendung radikalisme sebagai bibit dari intoleransi di Indonesia agar tidak gagal jadi negara maju.

“Kenapa ini penting saya kira kita Indonesia kan tidak boleh gagal menjadi negara maju, banyak negara yang kemudian gagal lompat ke negara maju itu karena praktik salah satunya gagal menjaga toleransinya di dalam masyarakatnya,” kata Teten di Hotel Rancamaya Bogor Jawa Barat, hari Senin (1/8).

Teten mengatakan, konflik antar-masyarakat berlatar belakang agama sangat mengganggu pembangunan. Bahkan, bisa terhenti.

Menurut dia, Indonesia berpeluang menjadi negara maju. Ketika semua infrastruktur sudah membaik, termasuk kondisi ekonomi juga sudah menunjukkan kemajuan signifikan, maka hal ini harus terus dijaga. Indonesia harus meyakinkan dunia bahwa sistem hukum dan sistem demokrasinya masih bisa efektif menangkal paham-paham radikalisme dan menjaga sistem demokrasi bangsa ini berjalan.

Hasil pertemuan yang dilakukan di Bogor ini, kata Teten akan disampaian ke Presiden. Selanjutnya, hasil kajian tersebut akan digunakan sebagai pertimbangan Presiden dalam mengambil kebijakan di bidang hukum, bidang sosial kemasyarakatan dan lain-lain

Teten menilai, kasus intoleransi yang melibatkan suku, agama dan ras antargolongan (SARA) tidak bisa diselesaikan hanya oleh pemerintah saja.

“Penyelesaian ini (intoleransi) harus melibatkan civil society, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan dan lain-lain,” kata dia.                                  

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home