Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 17:54 WIB | Selasa, 31 Maret 2015

Indonesia Kecewakan Pendukung, Dipecundangi Korsel 0-4

Kesebelasan Indonesia di bawah usia 23 tahun. (Foto: goal.com).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan Indonesia usia di bawah 23 tahun (U-23) di bawah arahan pelatih Aji Santoso mengecewakan para pendukung  setelah dipecundangi Korea Selatan dengan skor 0-4 pada Pra Piala Asia U-23 Grup H yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Selasa (31/3).

Korsel di peringkat pertama dengan nilai 9 lolos ke Piala Asia U-23, Indonesia sebagai runner up dengan nilai 6 masih harus menunggu hasil pertandingan di grup-grup lain.

Terdapat sepuluh grup dalam Pra-Piala Asia U-23 2016. Semua juara grup langsung lolos ke Piala Asia U-23 - yang akan diselenggarakan di Qatar pada 2016 mendatang - sedangkan runner up (urutan kedua), hanya lima terbaik yang dapat lolos. Pertandingan grup-grup lain, kecuali Grup B yang memang belum memulai kompetisi, baru selesai pada Rabu dini hari WIB (1/4/2015).

Dua negara lain di Grup H, Timor Leste dan Brunei Darussalam berada di posisi ketiga dan keempat tidak punya peluang sama sekali karena meraih nilai 0.

Para pemain asuhan Aji Santoso sebelumnya  menuai hasil maksimal di dua laga awal pertandingan kualifikasi ini yakni saat sukses mengalahkan Brunei Drussalam dengan skor 2-0 pada Jumat (27/3) dan di pada Minggu (29/3) juga sukses menghajar Timor Leste dengan skor telak 5-0. Sama dengan Korsel yang pada Jumat (27/3) membekap Timor Leste 5-0, dan pada Minggu (29/3) menghabisi Brunei Darussalam 3-0.

Salah satu gelandang andalan Indonesia, Evan Dimas masih cedera usai laga pertama melawan Timor Leste. Walaupun begitu, Evan tetap berada dalam bangku cadangan. Sebagai gantinya, pelatih   Indonesia, Aji Santoso, kembali menempatkan Paulo Sitanggang sebagai pengatur serangan di lini tengah.  

Indonesia memiliki peluang membuat gol menit ke-27, lewat Andi Alis yang menggiring bola di pertahanan kiri Korsel namun bola umpan dari Andi Alis ke Mukhlis Hadi gagal menjadi gol karena bola berhasil ditangkap kiper Korsel, Lee Changgeun.

Beberapa kali, Ahmad Nufiandani mencoba melepas tembakan jarak jauh namun masih melambung jauh di atas mistar gawang Korsel.

Menit ke-38,Korsel balas membahayakan gawang Indonesiai lewat Woo Jusung yang berhasil melepaskan diri dari perangkap offside dan menyambut umpan tendangan bebas rekannya, Lee Chandong. Namun Indonesia masih dinaungi dewi fortuna sebab bola yang disundul  Woo masih melayang melewati mistar gawang Indonesia. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Korsel mengawali derita Indonesia menit ke-55, gol tercipta karena kesalahan penjaga gawang Indonesia, Muhammad Natshir  yang salah menahan bola sundulan gelandang Korsel, Lee Changdong, bola langsung dimanfaatkan rekannya, Jung Seung Hyun yang membuka gol bagi Negeri Ginseng.

Korea memperbesar keunggulan menit ke-69 lewat Lee Changdong yang bekerja sama saling mengumpan bola dengan Lee Yong Jae.  Bola tendangan Changdong ke arah kiri gawang tak bisa digapai Natshir.

Gol ketiga Korsel terjadi pada menit ke-83 melalui pemain pengganti Kim Seung Jun dengan memanfaatkan bola hasil umpan  Lee Changdong.

Skor akhirnya menjadi 0-4 pada menit ke-88. Kiper Indonesia, Natsir tidak berdaya dengan bola yang dilepaskan gelandang Korsel, Yeon Jeinmin dari luar kotak penalti.  

Susunan Pemain:

Indonesia U-23: M. Natshir; Putu Gede Juni Antara, Manahati Lestusen, Hansamu Yama, Abduh Lestaluhu; Paulo Sitanggang, Adam Alis, Zulfiandi; Ilham Udin, Ahmad Nufiandani, Muchlis Hadi.

Korea Selatan U-23: Lee Changgeun; Sim Sangmin, Yeon Jeimin, Woo Jusung, Jung Seunghyun; Lee Changmin, Lee Yeongjae, Lee Chandong; Kim Hyun, Ahn Hyunbeom, Jang Hyunsoo. (goal.com/soccerway.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home