Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:59 WIB | Jumat, 15 Juli 2016

Indonesia Malaysia Filipina Siap Amankan Maritim

Asisten Operasi Panglima TNI (kiri), Wakil Sekretaris Keamanan Laut dan Divisi Kedaulatan Dewan Kemananan Nasional Perdana Menteri Malaysia (tengah) dan Wakil Kepala Staf Bidang Operasi Angkatan Bersenjata Filipina dalam penandatangan kerangka kerja pengaturan kerja sama trilateral di Jakarta, hari Kamis (14/7). (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Indonesia, Malaysia, dan Filipina sepakat menandatangani kerangka kerja pengaturan kerja sama trilateral di area keamanan maritim yang menjadi perhatian bersama di Jakarta, hari Kamis (14/7) malam.

Kerja sama trilateral ini bertujuan untuk memperkuat dan mengkoordinasikan patroli pada masing-masing daerah maritim di Indonesia, Malaysia dan Filipina melalui peningkatan komunikasi, pertukaran informasi dan intelijen, percepatan penempatan aset angkatan laut untuk respon yang cepat terhadap kapal-kapal yang berada dalam keadaan bahaya dan ancaman pada keselamatan manusia.

Selain itu juga untuk memelihara komunikasi secara berkala dan koordinasi dengan pusat komando maritim serta aset negara di pantai dari masing-masing negara.

Kerangka ini adalah langkah mengoperasionalkan deklarasi bersama para Menteri Luar Negeri dan Panglima Angkatan Bersenjata dari Indonesia, Malaysia dan Filipina pada tindakan segera membicarakan isu dan masalah keamanan di area maritim yang menjadi perhatian bersama, yang diadopsi pada 5 Mei 2016 di Yogyakarta.

Selain menyepakati kerangka tersebut, juga didiskusikan mengenai rincian dari Standard Operating Procedures (SOP) yang akan dilampirkan pada kerangka tersebut. SOP ini berisi rincian dalam lingkup pengaturan operasional yang akan dilaksanakan oleh ketiga negara tersebut sebagai tindakan segera/cepat untuk mengatasi masalah-masalah keamanan dalam area maritim yang menjadi perhatian bersama. (Puspen TNI)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home