Loading...
INDONESIA
Penulis: Martha Lusiana 12:07 WIB | Selasa, 09 Juni 2015

Indonesia Tingkatkan Keamanan ABK WNI di Panama

Pertemuan delegasi Indonesia dan Panama guna membahas perjanjian bilateral di Panama. (Foto: kemlu.go.id)

PANAMA, SATUHARAPAN.COM – Dalam pertemuan bilateral antara Indonesia dan Panama pekan lalu, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Dian Triansyah Djani, mengunjungi para anak buah kapal (ABK) WNI di Pelabuhan Vacamonte Panama.

“Perlindungan kepada WNI di luar negeri merupakan prioritas Pemerintah RI. Jangan ragu meminta bantuan KBRI,” ujar Dubes Djani, Jumat (5/6), seperti dilansir laman resmi kemlu.go.id. Oleh-oleh produk Indonesia yang dibawakan sebagai obat kangen tanah air sempat membuat para ABK terharu.

Kerangka kerja sama Mandatory Consular Notification (MCN) dijajaki pemerintah guna melindungi WNI di luar negeri. Sekitar 500 WNI mengajukan aplikasi visa kerja sebagai ABK setiap tahunnya. Menurut Duta Besar RI Panama, Dwi Ayu Arimami, saat ini terdapat 5.421 orang ABK yang bekerja di kapal-kapal berbendera Panama.

“Hal ini penting bukan saja untuk pendataan administrasi, tetapi juga untuk keperluan perlindungan jika terjadi hal-hal yang merugikan ABK Indonesia di Panama,” kata Dubes RI untuk Panama, Dwi Arimami.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home