Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 13:15 WIB | Selasa, 02 September 2014

Inggris Buat “Penghargaan” untuk Gedung Terburuk

Unite Stratford City di London Timur masuk nominasi gedung terburuk di Inggris, dalam penghargaan Carbuncle Cup. (Foto: George Rex/flickr/slate.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Carbuncle Cup merupakan ajang pemilihan gedung terjelek di Inggris tiap tahun, publik Inggris dapat menominasikan gedung yang dianggap buruk. Ajang ini sebagai bentuk satire dari Stirling Prize untuk arsitektur terbaik yang diselenggarakan Royal Institute of British Architects.

Penghargaan ini disponsori oleh majalah arsitektur Inggris, Building Design, Cairbuncle Cup diberikan setiap tahun sejak 2006, diinspirasi oleh penghargaan serupa yang diadakan majalah Prospect di Skotlandia.

Daftar calon pemenang Carbuncle Cup diumumkan pekan ini, editor Building Design Thomas Lane menyebut penghargaan ini sebagai “penghargaan paling menggelikan dalam dunia arsitektur”.

“Bangunan arsitektur harus selaras dengan aktivitas masyarakat sekitar, tinggal dan bekerja dan meningkatkan semangat orang yang berinteraksi dengan bangunan itu,” tulis Thomas Lane.

“Kenyataannya banyak pembangunan gedung yang jauh dari prinsip desain yang baik. Sejumlah besar waktu dan uang dihabiskan untuk pembangunan gedung berdesain buruk, hasilnya banyak kota-kota di Inggris membosankan dan tanpa identitas,” tambah Lane.

Nominasi Carbuncle Cup terdiri dari 13 gedung yang diusulkan oleh publik Inggris. Panelis penghargaan ini terdiri dari Thomas Lane sendiri, wartawan dan koresponden arsitektur Ike Ijeh, kolomnis di Building Design dan penasehat arsitektur di Prince’s Trust Hank Dittmar dan arsitek dan mantan Direktur RIBA Owen Luder.

Nomine terdiri dari Vauxhall Tower, gedung 50 lantai di kawasan St. George Wharf di Selatan London dan Unite Stratford City di London Timur. Lane mengomentari kedua nomine itu sebagai “sesuatu yang mengerikan” dan “kegagalan total dalam proses desain. (slate.com)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home