Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:20 WIB | Selasa, 02 Agustus 2022

Irak dalam Kebuntuan Politik: Lawan Al-Sadr Gelar Demonstrasi di Baghdad

Pasukan keamanan menggunakan meriam air untuk mencegah pendukung blok Koordinasi Kerangka Kerja memasuki Zona Hijau keamanan tinggi di ibu kota Baghdad pada 1 Agustus 2022, selama protes balasan terhadap loyalis Moqtada alo-Sadr yang telah menduduki gedung parlemen. (Foto: AFP)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM-Ribuan demonstran yang menentang ulama kuat Irak, Moqtada al-Sadr, menggelar protes pada hari Senin (1/8) di tepi zona pertahanan pemerintah Baghdad, di mana para pendukung Sadr menduduki gedung parlemen Irak.

Kelompok-kelompok Muslim Syiah yang bersaing itu berafiliasi dengan milisi bersenjata lengkap, meningkatkan kekhawatiran akan terjadi bentrokan ketika ketegangan meningkat karena kegagalan untuk membentuk pemerintahan hampir 10 bulan setelah pemilihan umum bulan Oktober, kebuntuan pasca pemilihan terpanjang di negara itu.

Lawan Sadr termasuk kelompok partai dan milisi yang sebagian besar bersekutu dengan Iran. Kelompok itu, yang dikenal sebagai Kerangka Koordinasi Syiah, mengatakan protes Senin bertujuan untuk melindungi lembaga-lembaga negara dari kerusuhan sipil Sadrist.

Di luar Zona Hijau Baghdad, tempat gedung parlemen yang diambil alih oleh pendukung al-Sadr pekan lalu, para pengunjuk rasa melemparkan batu ke arah polisi. Dari balik pagar beton, polisi merespons dengan menyemprot mereka dengan air.

“Kami akan tinggal di sini jika kami diberitahu, dan berbaris jika kami diberitahu,” kata salah satu pengunjuk rasa, Abu Ahmed al-Basri, seorang guru 58 tahun dari Basra, melambaikan spanduk menyerukan jatuhnya Perdana Menteri Mustafa al-Kadhimi yang akan berakhir jabatannya, yang tetap menjabat sampai pemerintahan baru terbentuk.

Pendukung al-Sadr mengatakan mereka sedang menunggu perintahnya. "Kami siap untuk apapun perintah Sadr," kata Kadhim Haitham, dalam perjalanan untuk bergabung dengan pendudukan parlemen. “Kami menentang blok Koordinasi Kerangka Kerja. Yang mereka punya hanyalah pernyataan dan tidak ada dukungan populer.”

Pendukung a-Sadr menyerbu parlemen dengan mudah dua kali pekan lalu saat pasukan keamanan mundur. Seorang komandan milisi pro Iran mengatakan dia takut bentrokan pada hari Senin dan berharap ketenangan akan menang.

“Situasi di Irak sangat sulit. Kami berharap Tuhan akan membebaskan kami dari pertempuran di antara saudara-saudara. Jika hal-hal berubah, itu akan merusak seluruh wilayah,” kata komandan itu, yang menolak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Al-Sadr unggul dalam pemilihan bulan Oktober, tetapi menarik semua anggota parlemen dari parlemen setelah ia gagal membentuk pemerintahan dengan menyingkirkan saingan Syiahnya.

Sejak itu dia memberikan tekanan politik melalui massa pengikutnya yang setia, sebagian besar Syiah kelas pekerja dari lingkungan miskin di Baghdad dan di seluruh Irak selatan, jantung mayoritas Syiah di negara itu.

Tindakan al-Sadr telah mencegah saingannya, termasuk musuh bebuyutannya, mantan Perdana Menteri Nouri al-Maliki, untuk membentuk pemerintahan. Parlemen harus memilih seorang presiden dan perdana menteri dan tidak dapat bersidang saat diduduki oleh para pengikut al-Sadr.

Para Sadris telah menyerukan pemilihan baru dan mengakhiri sistem politik yang telah ada sejak invasi pimpinan Amerika Serikat yang menggulingkan diktator Sunni, Saddam Hussein.

Sistem itu mendistribusikan kekuasaan pada sekte dan partai, dan dipersalahkan oleh banyak orang Irak atas korupsi dan disfungsi endemik yang telah mencegah kemajuan berarti selama bertahun-tahun, terlepas dari kekayaan minyak Baghdad dan perdamaian relatif setelah kekalahan militan ISIS pada 2017.

Al-Sadr adalah salah satu penerima manfaat utama dari sistem itu. Loyalisnya menjalankan beberapa kementerian terkaya dan paling buruk di Irak. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home