Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 05:32 WIB | Minggu, 26 Juli 2015

Iran Kecam Balik Gertakan Menlu AS

John Kerry (kanan), bersama Menteri Luar Negeri Perancis, Laurent Fabius (kiri) yang telah skeptis atas niat nuklir Iran. (Foto: Reuters/theguardian)

TEHERAN ,SATUHARAPAN.COM - Iran  mengecam balik Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry,  atas tuduhan ancaman aksi militer terhadap Teheran jika pihaknya gagal mematuhi perjanjian nuklir bersejarah yang disepakati pada 14 Juli.

“Sayangnya Menteri Luar Negeri AS sekali lagi mengungkit ‘kemampuan AS untuk menggunakan kekuatan militernya,’” menurut pernyataan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif , pada Jumat (24/7).

Zarif mengecam apa yang dia sebut “ketidakgunaan gertak sambal semacam itu terhadap bangsa Iran dan perlawanan bangsa Iran,” dan mengatakan komentar semacam itu harus dikesampingkan.

Kendati terdapat perjanjian yang dicapai dengan Iran terkait menjauhkan senjata nuklir dari jangkauan Teheran, sejumlah pejabat AS, termasuk Menteri Pertahanan Ashton Carter, mengisyaratkan bahwa pasukan militer masih dipertimbangkan untuk mencegah Iran memiliki senjata nuklir.

Kerry dan sejumlah pejabat AS lainnya “berulang kali mengakui bahwa ancaman ini tidak memengaruhi kehendak rakyat Iran dan hal itu akan mengubah situasi tersebut menjadi kerugian mereka,” kata Zarif.

“Maka dari itu, akan lebih baik bagi AS untuk meninggalkan perilaku lama dan mengesampingkan untuk selamanya semua bahasa ancaman dan sanksi mereka terhadap rakyat hebat ini,” dia menambahkan. (Ant/AFP)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home