Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 10:51 WIB | Rabu, 22 Juli 2015

Korea Utara Tidak Berminat Lakukan Kesepakatan Nuklir

Pusat Riset Nuklir Yongbyon di Korea Utara. (Foto: AFP/GeoEye Satellite Image)

PYONGYANG, SATUHARAPAN.COM - Korea Utara mengatakan tidak berminat berunding, seperti yang dilakukan antara Iran dan negara-negara kuat dunia, yang akan mengakibatkan Pyongyang melenyapkan kemampuan nuklirnya.

Sebuah pernyataan kementerian luar negeri, pada hari Selasa (21/7) mengatakan, adalah "tidak logis" untuk membandingkan kesepakatan nuklir Iran dengan situasi di Korea Utara, karena Pyongyang "selalu dihadapkan pada sikap permusuhan militer Amerika Serikat yang provokatif, seperti latihan militer bersama besar-besaran dan ancaman nuklir yang serius."

Iran dan enam negara kuat dunia merampungkan sebuah persetujuan pekan lalu yang akan membatasi kemampuan nuklir Iran dengan imbalan pelonggaran sanksi.

Setelah perjanjian tersebut, Wakil Menteri Luar Negeri AS, Wendy Sherman, mengimbau Korea Utara untuk belajar dari kesepakatan nuklir Iran tersebut.

"Satu hal yang dapat saya katakan kepada Korea Utara adalah bahwa tercapainya persetujuan ini menunjukkan bahwa seseorang dapat keluar dari keterkucilan, bebas dari sanksi, mungkin menjadi bagian dari masyarakat dunia atau berpotensi mengakhiri konflik dengan cara damai," kata Sherman sebagaimana dikutip voaindonesia.com.

"Ini barangkali menjadikan Korea Utara berpikir lagi tentang jalan sangat berbahaya yang ditempuhnya," kata dia.

Korea Utara, pada hari Selasa, menyatakan pihaknya tidak berminat berdialog untuk membekukan atau melucuti program nuklirnya dan bersikeras bahwa mereka adalah "negara yang bersenjata nuklir."

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home