Loading...
MEDIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 07:45 WIB | Jumat, 19 September 2014

ISIS Rilis Video Jurnalis Inggris yang Diculik

John Cantlie mengatakan ia ditangkap di Suriah pada bulan November 2012. (Foto: AFP)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM - Kelompok ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) pada Kamis merilis sebuah video seorang jurnalis foto lepas Inggris, John Cantlie, yang ia sebut dirinya disandera. 

Dalam video yang dikirim ke YouTube, Cantlie , mengenakan pakaian oranye, berbicara ke arah kamera dengan gaya laporan berita dan berjanji untuk mengungkapkan dalam serangkaian program “kebenaran” tentang kelompok ISIS yang menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah.

Belum ada ancaman langsung atas nyawanya yang terlihat dalam video itu.

Cantlie, yang berkontribusi kepada berbagai surat kabar Inggris termasuk The Sunday Times dan Sunday Telegraph, serta Agence France-Presse, mengatakan dia diculik setelah berangkat ke Suriah pada November 2012.

Dia sebelumnya ditahan bersama fotografer Belanda oleh ISIS di Suriah pada Juli 2012 namun dikabarkan sudah dibebaskan setelah sembilan hari diculik.

Belum jelas kapan video itu direkam, namun Cantlie merujuk pada peristiwa baru-baru ini termasuk pendudukan sebagian besar wilayah Irak oleh ISIS pada Juni.

Berbicara dalam bahasa Inggris dengan teks berbahasa Arab, Cantlie mengatakan - dalam video berdurasi tiga menit 21 detik dan berjudul ‘Lend Me Your Ears’ itu – bahwa dia berencana untuk mengungkap “kebenaran dibalik sistem dan motivasi ISIS.” (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home