Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:38 WIB | Rabu, 10 April 2024

Israel Izinkan Pengiriman Bantuan Kemanusiaan Gaza Melalui Pelabuhan Ashdod dan Erez Crossing

Truk-truk diparkir di pintu masuk Pelabuhan Ashdod selama protes terhadap pengiriman bantuan kemanusiaan yang memasuki Jalur Gaza, 1 Februari 2024. (Foto ilsutrasi: dok. Chaim Goldberg/Flash90 via ToI)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Setelah serangan mematikan terhadap konvoi World Central Kitchen dan percakapan tegang dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, kabinet keamanan memutuskan untuk mengambil langkah segera guna memperbaiki situasi kemanusiaan di Gaza, Kantor Perdana Menteri (PMO) mengumumkan pada hari Jumat (5/4) pagi.

Israel untuk sementara akan membuka Pelabuhan Ashdod untuk pengiriman kemanusiaan, dan akan membuka Erez Crossing di Jalur Gaza utara untuk pertama kalinya sejak pelabuhan tersebut rusak parah akibat serangan teror pimpinan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang yang sedang berlangsung.

Israel juga akan meningkatkan jumlah bantuan dari Yordania yang melewati penyeberangan Kerem Shalom. “Peningkatan bantuan akan mencegah krisis kemanusiaan,” kata PMO, “dan sangat penting untuk memastikan kelanjutan pertempuran dan mencapai tujuan perang.”

Langkah tersebut disambut baik oleh Gedung Putih, yang menyerukan agar Israel segera menerapkannya.

“Langkah-langkah ini, termasuk komitmen untuk membuka pelabuhan Ashdod untuk pengiriman bantuan langsung ke Gaza, membuka Erez Crossing sebagai rute baru bantuan untuk mencapai Gaza utara, dan secara signifikan meningkatkan pengiriman dari Yordania langsung ke Gaza, harus dilakukan sekarang, dilaksanakan secara penuh dan cepat,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, Adrienne Watson, dalam sebuah pernyataan.

“Seperti yang dikatakan presiden hari ini melalui telepon, kebijakan AS sehubungan dengan Gaza akan ditentukan oleh penilaian kami terhadap tindakan segera Israel terhadap hal ini dan langkah-langkah lainnya, termasuk langkah-langkah untuk melindungi warga sipil yang tidak bersalah dan keselamatan pekerja bantuan,” tambahnya.

“Kami siap bekerja dalam koordinasi penuh dengan pemerintah Israel, pemerintah Yordania dan Mesir, PBB dan organisasi kemanusiaan untuk memastikan bahwa langkah-langkah penting ini dilaksanakan dan menghasilkan peningkatan signifikan dalam bantuan kemanusiaan yang menjangkau warga sipil yang sangat membutuhkan di seluruh Gaza selama beberapa hari dan pekan mendatang.”

Pengumuman Israel ini muncul beberapa jam setelah Biden dan Netanyahu berbicara untuk pertama kalinya sejak serangan IDF di Gaza tengah yang menewaskan tujuh pekerja bantuan dari World Central Kitchen. Presiden AS mengindikasikan bahwa kebijakan pemerintahannya mengenai perang Israel melawan Hamas dapat berubah secara dramatis jika Israel tidak mengambil tindakan untuk mengatasi krisis kemanusiaan dan melindungi pekerja bantuan, serta menyerukan gencatan senjata segera untuk mengatasi hal tersebut.

Ketika ditanya langkah konkrit apa yang Gedung Putih ingin lihat dari Israel, juru bicara Dewan Keamanan Nasional, John Kirby, mengatakan pembukaan penyeberangan tambahan dan peningkatan jumlah truk bantuan yang masuk ke Gaza akan menjadi sebuah permulaan, seraya menambahkan bahwa ia mengharapkan Israel akan mengumumkan reformasi baru dalam beberapa jam dan hari mendatang.

Israel menyebut serangan terhadap konvoi WCK sebagai “kesalahan besar” dan berjanji akan melakukan penyelidikan mendalam mengenai penyebab kejadian tersebut. Namun Netanyahu juga mengatakan bahwa “hal-hal ini terjadi dalam perang” – sebuah pernyataan yang tidak diterima dengan baik secara internasional.

Saat disambut di Gedung Putih, Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben Gvir, mengecam Netanyahu atas tindakan yang baru diumumkan tersebut, dengan mengatakan bahwa para menteri tidak melakukan pemungutan suara mengenai masalah tersebut dan menyebut pernyataan dari Kantor Perdana Menteri “tidak benar.”

Pernyataan dari kantor Netanyahu mengatakan kabinet memberi wewenang kepada perdana menteri dan anggota kabinet perang lainnya untuk mengambil langkah-langkah tersebut, namun tidak dilakukan pemungutan suara.

“Ben Gvir dan yang lainnya menentang usulan tersebut dan sangat disayangkan bahwa perdana menteri menahan diri untuk melakukan pemungutan suara,” kata menteri sayap kanan tersebut dalam sebuah pernyataan.

Dia juga menyerukan untuk berhenti mengizinkan bantuan masuk ke Gaza, dengan mengklaim bahwa itu adalah “cara yang benar” untuk mengembalikan sandera yang disandera oleh teroris Palestina pada 7 Oktober.

Sayang sekali daripada masuk ke Rafah, ada yang lebih memilih berurusan dengan pengiriman peralatan ke Gaza yang langsung sampai ke Hamas, lanjut Ben Gvir. “Kita harus memasuki Rafah sekarang!”

Israel bersikeras bahwa mereka hanya akan melanjutkan operasi Rafah setelah mereka berhasil membersihkan warga sipil dari kota Gaza selatan. Namun Amerika semakin skeptis bahwa IDF akan mampu melakukan evakuasi besar-besaran, mengingat situasi kemanusiaan yang sudah mengerikan di wilayah kantong tersebut. (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home