Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 13:43 WIB | Jumat, 05 April 2024

Tujuh Pekerja Bantuan Tewas Dalam Serangan Diduga oleh Israel di Gaza Utara

Militer Israel tidak menyatakan bertanggung jawab, dan badan independen akan menyelidiki kejadian itu. World Central Kitchen menghentikan operasinya. Korban termasuk warga negara Australia, Polandia, Inggris, dan AS.
Warga Palestina membawa jenazah seseorang pasca dugaan serangan udara Israel, ke rumah sakit Al Aqsa di Deir al Balah, Jalur Gaza, Senin, 1 April 2024 (Foto: AP/Abdel Kareem Hana)

JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Tujuh pekerja bantuan di World Central Kitchen (WCK) tewas dalam serangan terhadap kendaraan mereka di Gaza tengah pada hari Senin (1/4) malam setelah mereka membantu mengirimkan makanan dan pasokan lainnya ke Gaza utara yang telah tiba beberapa jam sebelumnya dengan kapal, kata badan amal tersebut pada hari Selasa (2/4) pagi.

“Ini bukan hanya serangan terhadap WCK, ini adalah serangan terhadap organisasi kemanusiaan yang muncul dalam situasi paling mengerikan di mana makanan digunakan sebagai senjata perang. Ini tidak bisa dimaafkan,” kata CEO World Central Kitchen, Erin Gore, dalam sebuah pernyataan.

Rekaman menunjukkan mayat para korban di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa di kota Deir al-Balah, Gaza tengah. Beberapa dari mereka mengenakan alat pelindung diri dengan logo badan amal tersebut. Pernyataan WCK mengatakan para pekerja yang terbunuh termasuk warga negara Australia, Polandia dan Inggris; warga negara ganda Amerika dan Kanada; dan karyawan lokal Palestina.

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, membenarkan kematian pekerja bantuan asal Australia berusia 44 tahun, Lalzawmi “Zomi” Frankcom, dan mengatakan pemerintahnya telah menghubungi Israel untuk menuntut mereka yang bertanggung jawab untuk dimintai pertanggungjawaban.

“Ini adalah tragedi kemanusiaan yang seharusnya tidak pernah terjadi, hal ini sama sekali tidak dapat diterima dan Australia akan mengupayakan pertanggungjawaban penuh dan tepat,” katanya pada konferensi pers, hari Selasa (2/4).

Pernyataan WKC menyebutkan bahwa dua mobil lapis baja bermerek menabrak saat mereka meninggalkan gudang di Deir Balah di Gaza tengah, tempat tim menurunkan bantuan kemanusiaan yang dibawa ke Gaza melalui jalur laut dari Siprus.

Pernyataan IDF

Sumber tembakan belum dapat dikonfirmasi secara independen.

Dalam tanggapan awal, IDF tidak mengatakan apakah mereka bertanggung jawab atas serangan tersebut, namun menyatakan bahwa mereka “melakukan pemeriksaan mendalam di tingkat tertinggi untuk memahami keadaan insiden tragis ini.”

Tentara menambahkan bahwa mereka “melakukan upaya besar untuk memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan yang aman, dan telah bekerja sama dengan World Central Kitchen dalam upayanya menyediakan makanan dan bantuan kemanusiaan kepada warga Gaza.”

Militer Israel mengatakan pada hari Selasa (2/4) bahwa sebuah badan ahli independen dan profesional akan menyelidiki kematian tujuh orang yang bekerja untuk World Central Kitchen di Gaza, yang menurut LSM tersebut adalah akibat dari serangan udara Israel.

Juru bicara militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan insiden itu akan diselidiki dalam “Mekanisme Pencarian Fakta dan Penilaian,” yang dalam pernyataannya disebut sebagai “badan independen, profesional, dan ahli” tanpa memberikan rincian.

Ia mengatakan telah berbicara dengan pendiri WCK, Chef Jose Anders, dan menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya.

“Kami juga menyampaikan kesedihan yang mendalam kepada negara-negara sekutu kami yang telah melakukan dan terus melakukan banyak hal untuk membantu mereka yang membutuhkan,” katanya dalam pernyataan itu.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Adrienne Watson, mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Selasa pagi bahwa AS “patah hati dan sangat terganggu” dengan insiden tersebut, dan menyerukan penyelidikan cepat terhadap dugaan serangan oleh IDF.

“Pekerja bantuan kemanusiaan harus dilindungi saat mereka memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan,” kata Watson.

Kapal bantuan yang tiba pada hari Senin (1/4) membawa sekitar 400 ton makanan dan perbekalan dalam pengiriman yang diselenggarakan oleh Uni Emirat Arab (UEA) dan World Central Kitchen, sebuah badan amal yang didirikan oleh koki selebriti José Andrés. Bulan lalu sebuah kapal mengirimkan 200 ton bantuan dalam uji coba. Militer Israel terlibat dalam mengoordinasikan kedua pengiriman tersebut.

“Kami mengetahui laporan bahwa anggota tim World Central Kitchen terbunuh dalam serangan IDF saat bekerja untuk mendukung upaya pengiriman makanan kemanusiaan kami di Gaza,” tulis WCK di X. “Ini adalah sebuah tragedi. Pekerja bantuan kemanusiaan dan warga sipil JANGAN PERNAH menjadi sasaran. Tidak PERNAH."

AS memuji rute laut tersebut sebagai cara baru untuk menyalurkan bantuan yang sangat dibutuhkan ke Gaza utara, di mana kelompok bantuan internasional memperingatkan sekitar 300.000 warga Palestina akan menghadapi kelaparan, yang sebagian besar terputus dari wilayah lain oleh pasukan Israel.

Israel telah melarang UNRWA, badan utama PBB di Gaza, untuk melakukan pengiriman ke wilayah utara, meskipun Israel bekerja sama dengan organisasi lain. Namun, kelompok bantuan lain menyatakan pengiriman konvoi truk ke utara terlalu berbahaya karena kegagalan militer memastikan jalur yang aman.

Dalam postingan sebelumnya pada hari Senin di X, WCK mengatakan timnya melakukan mobilisasi di seluruh Gaza setiap hari untuk mendistribusikan makanan kepada pengungsi Palestina.

“Lebih dari 60 dapur kami di Gaza selatan dan tengah memasak ratusan ribu makanan setiap hari seperti mujadara ini, hidangan nasi, lentil, dan bawang karamel yang menenangkan,” katanya.

Serangan ke RS Al Shifa

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah pasukan Israel mengakhiri serangan dua pekan di Rumah Sakit Al Shifa, rumah sakit terbesar di Gaza. Selama penggrebegan yang dimulai pada 18 Maret, IDF mengatakan pasukannya menangkap sekitar 900 tersangka, lebih dari 500 di antara mereka dipastikan merupakan anggota teror, dan membunuh lebih dari 200 pria bersenjata.

Di antara mereka yang terbunuh dan ditahan adalah komandan tertinggi Hamas dan Jihad Islam Palestina. Informasi intelijen yang berharga juga disita, kata IDF.

Para saksi yang kembali ke lokasi kejadian setelah penarikan pasukan militer menggambarkan pemandangan kehancuran di fasilitas tersebut dan lingkungan sekitarnya. Rekaman menunjukkan bangunan utama Shifa telah hangus terbakar.

Israel mengatakan pasukannya tidak melukai warga sipil selama serangan itu. Laksamana Muda Daniel Hagari, juru bicara militer utama, mengatakan Hamas dan Jihad Islam mendirikan markas utama mereka di utara di dalam rumah sakit. Dia menggambarkan hari-hari pertempuran jarak dekat dan menyalahkan Hamas atas kehancuran tersebut beberapa pejuang membarikade diri mereka di dalam bangsal rumah sakit sementara yang lain meluncurkan mortir ke kompleks tersebut.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, memperkirakan sedikitnya 21 pasien meninggal. Para saksi yang memasuki rumah sakit pada hari Senin mengatakan mereka menemukan lebih banyak mayat yang mereka yakini adalah warga sipil. Keadaan di mana orang-orang tersebut meninggal tidak jelas.

Perang dimulai pada tanggal 7 Oktober, ketika teroris pimpinan Hamas menyerbu Israel selatan, menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 250 orang.

Hamas mengatakan setidaknya 32.845 warga Palestina telah terbunuh di Gaza, angka yang tidak dapat diverifikasi secara independen dan mencakup setidaknya 13.000 teroris Hamas yang menurut Israel telah terbunuh dalam pertempuran. Israel juga mengatakan pihaknya membunuh sekitar 1.000 pria bersenjata di wilayah Israel pada 7 Oktober. (dengan Reutera dan TOI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home