Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:06 WIB | Sabtu, 30 Oktober 2021

Israel Mulai Uji Klinis Vaksin Oral COVID-19

Berbagai jenis pil obat. (Foto ilustrasi: dok. Reuters)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Oravax Medical Israel mengumumkan pada hari Jumat (29/10) bahwa mereka telah menerima izin dari Otoritas Pengatur Produk Kesehatan Afrika Selatan untuk mulai mendaftarkan sukarelawan untuk uji klinis Fase I dari vaksin oral COVID-19 yang baru.

Oravax Medical adalah anak perusahaan dari Oramed Pharmaceuticals, yang dijalankan oleh CEO Israel Nadav Kidron. Perusahaan ini didirikan berdasarkan teknologi yang dikembangkan oleh Pusat Medis Universitas Hadassah Yerusalem.

“Kami percaya bahwa kandidat vaksin COVID-19 oral Oravax dapat menawarkan solusi potensial yang menarik untuk pandemi COVID, baik sebagai booster atau untuk yang belum divaksinasi,” kata Kidron. “Vaksin COVID-19 oral akan menghilangkan beberapa hambatan untuk distribusi skala besar yang cepat, yang berpotensi memungkinkan orang untuk memberikan vaksin sendiri di rumah.”

Dia mengatakan bahwa setelah uji coba Tahap I, adalah niat perusahaan untuk beralih langsung ke uji coba Tahap II dan banding untuk persetujuan penggunaan darurat di negara-negara terkait.

Bagian dari uji coba Fase I juga seharusnya dilakukan di Israel, tetapi perusahaan sedang menunggu persetujuan akhir dari Kementerian Kesehatan.

Vaksin Oravax Medical didasarkan pada teknologi pengiriman oral “POD” Oramed dan teknologi vaksin Premas. Teknologi Oramed dapat digunakan untuk memberikan sejumlah terapi berbasis protein secara oral, yang jika tidak bisa, akan diberikan melalui suntikan. Premas telah bekerja mengembangkan vaksin melawan virus corona baru sejak Maret.

Kandidat vaksin Oravax menargetkan tiga protein struktural dari virus corona baru, berbeda dengan protein lonjakan tunggal yang ditargetkan oleh vaksin Moderna dan Pfizer saat ini, kata Kidron.

Karena itu, “vaksin ini harus jauh lebih tahan terhadap varian COVID-19,” katanya. “Bahkan jika virus melewati satu jalur, ada jalur kedua, dan jika melalui jalur kedua, ada jalur ketiga.” (The Jerusalem Post)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home