Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:00 WIB | Minggu, 07 April 2024

Israel Pecat Dua Tentara Terkait Serangan terhadap Pekerja Bantuan Kemanusiaan di Gaza

Seorang pria menunjukkan paspor Inggris, Polandia, dan Australia yang berlumuran darah setelah serangan udara Israel, di Deir al-Balah, Jalur Gaza, Senin, 1 April 2024. (Foto: AP/Abdel Kareem Hana)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Militer Israel mengatakan pada hari Jumat (5/4) bahwa mereka telah memecat dua petugas dan menegur tiga orang lainnya atas peran mereka dalam serangan pesawat tak berawak di Gaza yang menewaskan tujuh pekerja bantuan dalam misi pengiriman makanan, dengan mengatakan bahwa mereka telah salah menangani informasi penting dan melanggar aturan keterlibatan tentara.

Temuan penyelidikan seorang pensiunan jenderal terhadap pembunuhan hari Senin (1/4) tersebut menandai pengakuan memalukan Israel, yang menghadapi tuduhan yang semakin meningkat dari sekutu-sekutu utamanya, termasuk Amerika Serikat, karena tidak berbuat cukup banyak untuk melindungi warga sipil Gaza dari perangnya dengan Hamas.

Temuan ini kemungkinan akan memperbarui skeptisisme terhadap pengambilan keputusan militer Israel. Warga Palestina, kelompok bantuan dan organisasi hak asasi manusia telah berulang kali menuduh pasukan Israel menembaki warga sipil secara sembarangan selama konflik – sebuah tuduhan yang dibantah oleh Israel.

“Ini adalah sebuah tragedi,” kata juru bicara militer, Laksamana Muda Daniel Hagari, kepada wartawan. “Ini adalah peristiwa serius yang menjadi tanggung jawab kami dan ini tidak boleh terjadi dan kami akan memastikan hal itu tidak terjadi lagi.”

Ketika tekanan meningkat terhadap Israel agar mereka bertanggung jawab, Hagari dan pejabat lainnya pada hari Kamis (4/4) malam menyampaikan kepada wartawan hasil penyelidikan militer yang luar biasa cepat dan terperinci.

Pengamatan Tidak Benar

Tidak jelas apakah hukuman dan permintaan maaf tersebut akan meredakan kemarahan internasional atas kematian para pekerja World Central Kitchen (WCK) atau meyakinkan kelompok bantuan internasional bahwa aman untuk melanjutkan operasi di Gaza, di mana hampir sepertiga penduduknya berada di ambang kehancuran dan kelaparan.

Menurut apa yang dikatakan juru bicara Israel sebagai aturan tentara Israel, target harus diidentifikasi secara visual sebagai ancaman karena berbagai alasan sebelum dapat diserang. Namun penyelidikan menetapkan bahwa seorang kolonel telah mengizinkan serangkaian serangan pesawat tanpa awak yang mematikan terhadap konvoi tersebut berdasarkan pengamatan salah satu mayor – dari rekaman kamera drone yang buram – bahwa seseorang dalam konvoi tersebut bersenjata. Pengamatan itu ternyata tidak benar, kata para pejabat militer.

Pihak militer mengatakan kolonel dan mayor tersebut dipecat, sementara tiga perwira lainnya mendapat teguran. Dikatakan bahwa hasil penyelidikannya diserahkan kepada advokat jenderal militer, yang akan memutuskan apakah petugas atau siapa pun yang terlibat dalam pembunuhan tersebut harus menerima hukuman lebih lanjut atau diadili.

Pembunuhan tersebut dikutuk oleh sekutu terdekat Israel dan memperbarui kritik terhadap perilaku Israel dalam perang yang telah berlangsung hampir enam bulan dengan Hamas.

Para pekerja bantuan tersebut adalah tiga warga negara Inggris, satu warga negara Polandia, satu warga negara Australia dan satu warga negara Kanada-Amerika, semuanya bekerja untuk World Central Kitchen, badan amal internasional yang didirikan oleh koki selebriti José Andrés. Sopir Palestina mereka juga tewas.

Investigasi menemukan dua area kesalahan utama.

Mereka menyalahkan petugas karena gagal membaca pesan yang memperingatkan tentara bahwa mobil, bukan truk bantuan, akan membawa pekerja dari badan amal tersebut keluar dari gudang tempat bantuan didistribusikan. Akibatnya, mobil-mobil yang menjadi sasaran salah diidentifikasi sebagai kendaraan pengangkut militan.

Tentara juga menyalahkan seorang mayor yang mengidentifikasi sasaran serangan dan seorang kolonel yang menyetujui serangan tersebut karena bertindak tanpa informasi yang cukup.

Tentara mengatakan perintah itu diberikan setelah salah satu penumpang di dalam mobil diidentifikasi sebagai pria bersenjata. Dikatakan bahwa pasukan menjadi curiga karena seorang pria bersenjata terlihat di atap salah satu truk pengiriman dalam perjalanan menuju gudang. Pihak militer menunjukkan kepada wartawan rekaman pria bersenjata yang menembakkan senjatanya saat berada di atas salah satu truk.

Setelah bantuan diturunkan di gudang, seorang petugas yakin dia melihat seorang pria bersenjata di salah satu mobil. Penumpang tersebut ternyata tidak membawa senjata – pihak militer mengatakan kemungkinan dia hanya membawa tas.

Pihak militer mengatakan awalnya mereka menabrak satu mobil. Saat orang-orang bergegas menuju mobil kedua, kendaraan itu juga menabraknya. Hal yang sama terjadi ketika orang-orang yang selamat bergegas masuk ke mobil ketiga. Pejabat Angkatan Darat mengklaim bahwa operator drone tidak dapat melihat bahwa mobil tersebut ditandai dengan tulisan “World Central Kitchen” karena saat itu malam hari.

Tentara tidak dapat mengatakan secara pasti di mana komunikasi mengenai rencana konvoi tersebut terputus.

Tentara menolak menjawab pertanyaan tentang apakah pelanggaran serupa pernah terjadi selama perang – di mana warga Palestina, pekerja bantuan dan kelompok hak asasi internasional telah berulang kali menuduh tentara menyerang warga sipil dengan ceroboh.

Investigasi dipimpin oleh Yoav Har-Even, seorang pensiunan jenderal.

Ketujuh orang yang terbunuh sedang mendistribusikan makanan yang dibawa ke Gaza melalui koridor maritim yang baru didirikan. World Central Kitchen mengatakan pihaknya telah mengoordinasikan pergerakannya dengan militer, dan kendaraan tersebut ditandai dengan logo organisasi tersebut.

“Itu adalah serangan langsung terhadap kendaraan yang ditandai dengan jelas yang pergerakannya diketahui” oleh militer Israel, kata Andrés di hari Rabu (3/4).

Lebih dari 220 pekerja kemanusiaan telah tewas dalam konflik tersebut, menurut PBB.

“Mari kita perjelas. Ini tragis, tapi ini bukan sebuah anomali,” Scott Paul, dari kelompok kemanusiaan Oxfam, mengatakan pada hari Kamis (4/4) dalam sebuah pengarahan dengan organisasi bantuan lainnya sebelum hasil penyelidikan Israel dirilis. “Pembunuhan pekerja bantuan di Gaza bersifat sistemik.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home