Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 14:24 WIB | Jumat, 05 April 2024

AS: Kematian Tujuh Staf WCK di Gaza Adalah Sebuah Tragedi

AS: Kematian Tujuh Staf WCK di Gaza Adalah Sebuah Tragedi
Jose Andres, chef asal Spanyol dan pendiri WCK mengangkut makanan bantuan kemanusiaan yang akan dikirim ke Ukraina. (Foto dok. AP/Efrem Lukatsky)
AS: Kematian Tujuh Staf WCK di Gaza Adalah Sebuah Tragedi
Warga Palestina memeriksa kendaraan yang terdeapat logo WCK yang rusak akibat serangan udara militer Israel pada hari Selasa (2/4). (Foto: AP/Ismael Abu Dayyah)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Kematian tujuh pekerja World Central Kitchen (WCK) dalam serangan udara Israel di Gaza merupakan kejadian tragis bagi sebuah badan amal dalam negeri Amerika yang, dalam waktu kurang dari 15 tahun, telah berkembang dari gagasan akar rumput seorang koki selebriti menjadi salah satu dari organisasi bantuan pangan paling terkenal di dunia.

Pembunuhan tersebut juga mengganggu aliran makanan yang sangat dibutuhkan ke wilayah pesisir yang terkepung, ketika organisasi internasional dan badan amal memperingatkan akan terjadinya kelaparan. World Central Kitchen, bekerja sama dengan Uni Emirat Arab (UEA), baru saja mengirimkan kapal kargo berisi 400 ton makanan kaleng dari Siprus ke Gaza. Sekitar 100 ton diturunkan sebelum badan amal tersebut menghentikan operasinya, setelah serangan tersebut; sisanya dibawa kembali ke Siprus, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Siprus, Theodoros Gotsis.

Ini adalah krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi José Andrés, pemilik restoran yang mendirikan badan amal tersebut untuk memberikan bantuan makanan segera ke daerah-daerah yang terkena bencana dan telah mengembangkannya menjadi operasi global yang bekerja di berbagai zona perang. Didirikan pada tahun 2010, organisasi ini mencapai ketenaran internasional atas karyanya di Puerto Rico pada tahun 2017 dalam memberi makan para korban Badai Maria. Mereka juga beroperasi di Ukraina, menyediakan lebih dari 100 juta makanan untuk para pengungsi, menurut situs web kelompok tersebut, dan memberikan Andrés medali dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

World Central Kitchen dengan cepat menjadi andalan filantropi Amerika, dengan kontribusi yang setara dengan organisasi-organisasi yang jauh lebih tua. Badan amal tersebut pada tahun 2022 melaporkan total kontribusi sebesar US$518 juta dan Andrés sendiri menerima US$100 juta dari pendiri Amazon, Jeff Bezos, pada tahun 2021.

Andrés menjadi terkenal dengan serangkaian restoran sukses di Washington DC, tepat ketika fenomena koki selebriti mulai berkembang. Dia menjalin hubungan dekat dengan mantan Presiden Barack Obama pada saat Presiden saat ini, Joe Biden, menjabat sebagai wakil presiden. Andrés menyiapkan makanan di Gedung Putih, dan Obama serta mantan ibu negara, Michelle Obama, sering menjadi tamu di restorannya. Andrés kelahiran Spanyol menjadi warga negara naturalisasi pada masa pemerintahan Obama dalam sebuah upacara di Gedung Putih.

Dia tetap terhubung dengan pemerintahan Biden, menjabat sebagai salah satu ketua Dewan Presiden untuk Olahraga, Kebugaran & Nutrisi. Pada bulan Februari, dia berbicara di sebuah konferensi tentang kelaparan yang diselenggarakan oleh pria kedua, Doug Emhoff.

Andrés secara terbuka berselisih dengan mantan Presiden Donald Trump mengenai rencana restoran di tempat yang dulu bernama Trump International Hotel di Washington. Koki tersebut mencoba menarik diri dari kontrak sebagai protes atas komentar Trump yang menghasut tentang imigran Meksiko dan Amerika Latin yang melintasi perbatasan AS. Pasangan itu saling menggugat dan kemudian menyelesaikannya di luar pengadilan. Ketika hotel tersebut dijual dan dibuka kembali sebagai Waldorf-Astoria; Andrés segera mengumumkan rencana baru untuk meluncurkan restoran di sana.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (2/4) malam, Biden mengatakan dia telah berbicara dengan Andrés “untuk menyampaikan belasungkawa terdalam atas kematian para pekerja bantuan yang pemberani ini dan untuk menyatakan dukungan saya yang berkelanjutan terhadap upaya tanpa henti dan heroik yang dilakukannya dan timnya untuk memberikan makanan kepada orang-orang yang kelaparan di seluruh dunia. bola dunia.”

Biden mengatakan secara blak-blakan bahwa Israel tidak berbuat cukup banyak untuk melindungi pekerja bantuan. “Konflik ini merupakan salah satu konflik terburuk dalam sejarah dalam hal jumlah pekerja bantuan yang terbunuh,” katanya.

Ketika para pejuang dari Hamas – kelompok militan yang menguasai Gaza – menerobos perbatasan pada 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 warga Israel dan menyandera ratusan orang, Andrés dengan cepat bergerak untuk mengorganisir dukungan bagi warga sipil Gaza yang pasti akan terjebak dalam respons militer Israel. Dengan dana dari pemerintah UEA, kelompoknya mengatur pengiriman makanan awal dari Siprus dan mendirikan lebih dari 60 dapur di Gaza yang memproduksi ribuan makanan setiap hari. Pengiriman makanan terbaru dimaksudkan untuk memperluas model tersebut.

Dalam wawancara telepon pada bulan Maret dengan The Associated Press sesaat sebelum pengiriman bantuan terbaru diluncurkan dari Siprus, Andrés memuji kampanyenya yang mendorong pemerintah mengambil tindakan dan membantu mengilhami rencana pemerintah AS untuk membangun pelabuhan sementara di Gaza untuk menerima pengiriman bantuan.

“Kami telah menyadarkan komunitas internasional untuk berbuat lebih banyak bagi masyarakat Gaza,” katanya kepada AP. “Setiap orang berhak mendapatkan makanan dan air, ini adalah hak universal.”

Hilangnya upaya World Central Kitchen akan menjadi pukulan serius bagi upaya kemanusiaan secara keseluruhan di Gaza. “WCK adalah pemain kunci dalam upaya mengatasi kerawanan pangan di Gaza dan telah memberikan bantuan pangan penting kepada ribuan keluarga, memberikan kontribusi signifikan dalam memerangi bencana kelaparan di sana,” kata sebuah pernyataan dari Program Pangan Dunia (WFP) PBB.

Pembunuhan tersebut mungkin juga merupakan titik balik dalam perspektif publik Andrés terhadap pemerintah Israel. Koki tersebut adalah seorang kritikus vokal terhadap Hamas segera setelah serangan 7 Oktober. Dia berbicara di platform media sosial X tentang hak Israel untuk membela warganya dan menyebut atau pemecatan seorang menteri Spanyol yang menuduh Israel melakukan kejahatan perang di Gaza.

Namun pada hari Selasa, Andrés mengkritik keras militer Israel. “Pemerintah Israel perlu menghentikan pembunuhan tanpa pandang bulu ini. Negara ini perlu berhenti membatasi bantuan kemanusiaan, berhenti membunuh warga sipil dan pekerja bantuan, dan berhenti menggunakan makanan sebagai senjata,” tulisnya di X. “Tidak ada lagi nyawa tak berdosa yang hilang.”

Organisasinya menyalahkan Pasukan Pertahanan Israel, dengan mengatakan bahwa IDF telah berkoordinasi mengenai pergerakan mobil yang membawa para pekerja ketika mereka meninggalkan Gaza utara pada Senin malam.

Letjen Herzi Halevi, panglima militer Israel, mengatakan pada hari Selasa bahwa serangan itu adalah “sebuah kesalahan yang terjadi setelah kesalahan identifikasi – pada malam hari selama perang dalam kondisi yang sangat kompleks. Itu seharusnya tidak terjadi.”

Rekaman setelah kejadian menunjukkan sebuah kendaraan dengan logo badan amal tercetak di atapnya agar dapat dikenali dari udara. Sebuah proyektil telah membuat lubang besar menembus atap. Dua kendaraan lain dalam konvoi tersebut dibakar dan hancur, menunjukkan adanya beberapa tabrakan.

Rekaman lain menunjukkan jenazah, beberapa di antaranya mengenakan alat pelindung diri dengan logo badan amal tersebut, di sebuah rumah sakit di kota Deir al-Balah, Gaza tengah. Mereka yang tewas termasuk tiga warga negara Inggris, seorang Australia, seorang warga negara Polandia, seorang warga negara ganda Amerika-Kanada dan seorang warga Palestina, menurut catatan rumah sakit. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home