Loading...
Penulis: Sabar Subekti 09:41 WIB | Kamis, 18 April 2024

Israel Peringatan Warga Palestina Tidak Kembali ke Gaza Utara Yang Dilanda Pertempuran

Pengungsi Palestina mencoba berjalan kembali dari Jalur Gaza tengah ke Jalur Gaza utara, hari Minggu, 14 April 2024. (Foto: AP/Abdel Kareem Hana)

DEIR AL-BALAH-JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Militer Israel pada Senin (15/4) memperbarui peringatan bagi warga Palestina di Gaza agar tidak kembali ke wilayah utara yang diperangi, sehari setelah pejabat rumah sakit Gaza mengatakan lima orang tewas ketika kerumunan pengungsi berusaha mencapai lokasi rumah mereka di daerah yang dilanda perang.

Gaza Utara adalah target awal perang Israel melawan Hamas dan sebagian besar wilayah tersebut telah diratakan, memaksa sebagian besar penduduk wilayah tersebut mengungsi ke selatan. Meskipun sekitar 250.000 orang dikatakan tinggal di wilayah utara, militer Israel telah mencegah sebagian besar pengungsi untuk kembali selama perang yang berlangsung selama enam bulan tersebut, dengan mengatakan bahwa wilayah tersebut adalah zona pertempuran aktif.

Militer telah mengurangi jumlah pasukannya di Gaza dan mengatakan pihaknya telah melonggarkan kendali Hamas di wilayah utara, namun Israel masih melancarkan serangan udara dan menargetkan operasi di wilayah tersebut untuk melawan apa yang dikatakannya sebagai upaya untuk mengatur ulang militan, yang paling menonjol di Gaza.

Juru bicara militer Israel, Avichay Adraee, menulis di X, sebelumnya Twitter, bahwa warga Palestina harus tetap tinggal di Gaza selatan, tempat mereka diperintahkan untuk berlindung, karena wilayah utara adalah “zona pertempuran yang berbahaya.”

Masyarakat tampaknya mengindahkan peringatan baru ini, terutama setelah kekerasan pada hari Minggu (14/4).

Otoritas rumah sakit di Gaza mengatakan bahwa lima orang dibunuh oleh pasukan Israel ketika mencoba melakukan perjalanan ke utara menuju rumah mereka. Jenazah mereka dibawa ke rumah sakit Awda di kamp perkotaan Nuseirat di Gaza tengah, menurut catatan rumah sakit. Berdasarkan catatan, 54 orang lainnya terluka dalam insiden tersebut.

Militer Israel belum memberikan komentar dan penyebab pasti di balik kematian tersebut masih belum jelas.

Anaam Mohammad, yang mengungsi dari kota utara Beit Hanoun dan berusaha untuk kembali, mengatakan militer mengizinkan perempuan dan anak-anak untuk menyeberang, namun ketika sekelompok warga Palestina tidak memberikan ruang bagi mereka untuk lewat, dua tank tiba dan terjadi tembakan. Pasukan juga melemparkan bom asap untuk membubarkan massa.

“Orang-orang mulai melarikan diri. Masyarakat takut dan tidak berani mengambil risiko dan memasuki kawasan berbahaya,” katanya.

Menjelang kekerasan hari Minggu, kerumunan orang memadati jalan pesisir dan bergerak ke utara dengan berjalan kaki dan menggunakan kereta keledai. Para pengungsi yang kembali mengatakan bahwa mereka terdorong untuk melakukan perjalanan berbahaya karena mereka muak dengan kondisi sulit yang terpaksa mereka jalani saat mengungsi.

“Kami menginginkan rumah kami. Kami menginginkan hidup kami. Kami ingin kembali, baik dengan gencatan senjata atau tanpa gencatan senjata,” kata Um Nidhal Khatab, pengungsi dari utara.

Gaza Utara dan kembalinya penduduknya adalah titik kunci antara Israel dan Hamas dalam negosiasi yang sedang berlangsung untuk mencoba mewujudkan gencatan senjata dengan imbalan pembebasan sandera yang disandera oleh kelompok militan tersebut. Israel ingin mencoba menunda kepulangan mereka untuk mencegah kelompok militan berkumpul kembali di wilayah utara, sementara Hamas mengatakan pihaknya menginginkan aliran pengungsi yang kembali dengan bebas.

Perang ini telah menimbulkan banyak korban jiwa bagi warga sipil di Gaza, dengan sebagian besar dari 2,3 juta penduduk di wilayah tersebut mengungsi akibat pertempuran tersebut dan hidup dalam kondisi yang mengerikan, dengan sedikit makanan dan sering kali berada di tenda-tenda dan kesengsaraan mereka yang tidak terlihat berakhir. Sebagian besar wilayah perkotaan telah rusak atau hancur, menyebabkan banyak pengungsi Palestina tidak punya tempat untuk kembali.

Pertempuran selama enam bulan di Gaza telah mendorong wilayah kecil Palestina ini ke dalam krisis kemanusiaan, menyebabkan lebih dari satu juta orang berada di ambang kelaparan.

Kelaparan dikatakan akan segera terjadi di wilayah utara yang terkena dampak paling parah, di mana bantuan sulit dijangkau karena pertempuran tersebut. Israel telah membuka jalur penyeberangan baru bagi truk-truk bantuan ke wilayah utara seiring mereka meningkatkan pengiriman bantuan ke wilayah kantong yang terkepung. Namun, PBB mengatakan gelombang bantuan tersebut tidak terasa di Gaza karena kesulitan distribusi yang terus-menerus.

Badan pangan PBB pada hari Senin (15/4) mengatakan pihaknya berhasil mengirimkan bahan bakar dan tepung terigu ke sebuah toko roti di Kota Gaza yang terisolasi di utara untuk pertama kalinya sejak perang dimulai.

Konflik dimulai pada 7 Oktober, ketika Hamas membunuh 1.200 warga Israel, sebagian besar warga sipil, dalam serangan mendadak dan penyerbuan ke Israel selatan. Sekitar 250 orang disandera oleh militan dan dibawa ke Gaza. Sebuah kesepakatan pada bulan November membebaskan sekitar 100 sandera, meninggalkan sekitar 130 orang disandera, meskipun Israel mengatakan tentang persyaratan yang sangat besar. beberapa di antaranya sudah mati.

Pengeboman dan serangan darat Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 33.700 warga Palestina dan melukai lebih dari 76.200 orang, kata Kementerian Kesehatan Gaza. Kementerian tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan dalam penghitungannya, namun mengatakan perempuan dan anak-anak merupakan dua pertiga dari korban tewas.

Israel mengatakan mereka telah membunuh lebih dari 12.000 militan selama perang tersebut, namun mereka belum memberikan bukti yang mendukung klaim tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home