Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:11 WIB | Minggu, 19 November 2023

Israel Setuju Pengiriman BBM Dua Truk Setiap Hari ke Gaza

Sebuah truk yang membawa bahan bakar menyeberang ke Rafah di selatan Jalur Gaza pada 15 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas. (Foto: AFP/ Said Khatib)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Israel pada Jumat (17/11) menyetujui pengiriman bahan bakar rutin setiap hari ke Jalur Gaza untuk pertama kalinya sejak perang melawan Hamas dimulai bulan lalu.

Hal ini menandai perubahan kebijakan yang signifikan dan memicu reaksi marah dari pemerintah atas tindakan yang ditolak Yerusalem selama beberapa pekan karena kekhawatiran bahwa sumber daya penting itu akan jatuh ke tangan kelompok teror.

Sebuah pernyataan yang dikaitkan dengan “pejabat diplomatik” Israel mengatakan bahwa Yerusalem telah setuju untuk membiarkan dua truk bahan bakar memasuki Gaza setiap hari untuk kebutuhan PBB dan untuk mendukung sistem air dan saluran pembuangan.

Kabinet perang sempit membuat keputusan berdasarkan rekomendasi IDF dan Shin Bet dan atas permintaan para pejabat Amerika Serikat, menurut pernyataan itu.

Tindakan ini dimaksudkan “untuk memungkinkan pemeliharaan minimal yang diperlukan untuk sistem air, saluran pembuangan dan sanitasi guna mencegah pandemi yang dapat menyebar ke seluruh wilayah, merugikan penduduk Jalur Gaza serta pasukan kita sendiri dan berpotensi menyebar ke Israel juga.”

Pejabat tersebut menegaskan bahwa tindakan tersebut “akan memberi Israel ruang manuver diplomatik yang diperlukan untuk melenyapkan Hamas.”

Pengiriman Akan Dipantau

Pejabat itu menambahkan bahwa Israel akan memantau pengiriman bahan bakar untuk memastikan bahan bakar tersebut tidak sampai ke kelompok teror. Israel menuduh Hamas menjarah bahan bakar di wilayah miskin tersebut untuk menggerakkan puluhan ribu roketnya dan memelihara jaringan terowongan bawah tanah yang sangat besar.

Pada hari Jumat (17/11) malam, Ketua Dewan Keamanan Nasional Tzachi Hanegbi mengatakan kegagalan menyediakan bahan bakar untuk sistem pembuangan limbah akan berisiko keruntuhan sistem tersebut dan penyebaran penyakit secara massal di Gaza, yang akan berdampak pada warga sipil Palestina di wilayah tersebut dan juga ribuan tentara Israel yang beroperasi di sana.

“Jika wabah penyakit terjadi, kita harus menghentikan perang,” kata Hanegbi, seraya menjelaskan bahwa IDF tidak akan dapat terus beroperasi di tengah krisis kemanusiaan yang mengerikan dan protes internasional akan mencapai tingkat yang lebih tinggi.

Hanegbi mengatakan kabinet perang telah diyakinkan oleh kepala keamanan bahwa tidak masalah jika bahan bakar diperbolehkan masuk, yang jumlahnya hanya 2-4% dari jumlah yang biasanya dikonsumsi setiap hari sebelum perang.

Namun, perubahan kebijakan ini mendapat kecaman dari partai koalisi sayap kanan dan politisi sayap kanan lainnya.

Menteri Keamanan Nasional, Itamar Ben Gvir, mengatakan kabinet perang, yang terdiri dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant, Menteri Benny Gantz dan beberapa pengamat,  “menyebabkan Israel mengambil kebijakan yang salah.”

“Selama sandera kita tidak mendapat kunjungan dari Palang Merah, tidak ada gunanya memberikan hadiah kemanusiaan kepada musuh,” katanya.

Menteri Keuangan Bezalel Smotrich mengatakan mengizinkan masuknya bahan bakar “adalah kesalahan besar dan bertentangan dengan keputusan kabinet (keamanan penuh).” (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home