Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 20:16 WIB | Minggu, 19 November 2023

AS Dukung Klaim Israel: Hamas Gunakan Rumah Sakit untuk Operasi Militer, Termasuk Al Shifa

Namun Gedung Putih mengklarifikasi tidak mendukung serangan udara terhadap fasilitas rumah sakit.
AS Dukung Klaim Israel: Hamas Gunakan Rumah Sakit untuk Operasi Militer, Termasuk Al Shifa
Gambar satelit yang dikeluarkan oleh IDF menunjukkan apa yang dikatakan militer sebagai pusat komando Hamas yang terletak di bawah Rumah Sakit Shifa di Gaza, 27 Oktober 2023 (Foto: IDF via ToI)
AS Dukung Klaim Israel: Hamas Gunakan Rumah Sakit untuk Operasi Militer, Termasuk Al Shifa
Penduduk Palestina di Gaza terlihat di rumah sakit Al Shifa di Kota Gaza, 10 November 2023. (Foto: Ist)
AS Dukung Klaim Israel: Hamas Gunakan Rumah Sakit untuk Operasi Militer, Termasuk Al Shifa
Pasukan dari Brigade Golani IDF berfoto di dalam gedung parlemen Gaza di Kota Gaza, setelah mengambil alih situs tersebut, pada hari Senin, 13 November 2023. (Foto: Medsos via TI)

YERUSALEM & WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Pemerintahan Joe Biden pada hari Selasa (14/11) mengkonfirmasi pernyataan lama Israel bahwa Hamas menggunakan fasilitas medis untuk tujuan militer, ketika militer mendekati Rumah Sakit Al Shifa di Kota Gaza, yang diyakini sebagai lokasi pos komando utama kelompok teror tersebut.

“Kami mendapat informasi bahwa Hamas dan Jihad Islam Palestina menggunakan beberapa rumah sakit di Jalur Gaza, termasuk Al Shifa, dan terowongan di bawahnya untuk menyembunyikan dan mendukung operasi militer mereka serta menyandera,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, pada wartawan saat briefing.

“Hamas dan anggota Jihad Islam Palestina mengoperasikan (pusat) komando dan kendali dari Al Shifa di Kota Gaza. Mereka telah menyimpan senjata di sana dan mereka siap untuk menanggapi operasi militer Israel terhadap fasilitas itu,” kata Kirby, mengutip penilaian intelijen Amerika Serikat.

Dia mengklarifikasi bahwa AS tidak mendukung Israel untuk menyerang pusat medis tersebut dari udara, karena pasukan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) terus mengurung pusat medis tersebut.

“Rumah sakit dan pasien harus dilindungi,” kata juru bicara Gedung Putih, seraya menekankan bahwa orang-orang yang tidak bersalah berlindung di dalam rumah sakit dan “tidak pantas untuk terjebak dalam baku tembak.”

Skenario ini menyoroti operasi militer menantang yang coba dilakukan Israel, karena Hamas melibatkan diri dalam populasi sipil, kata Kirby. Ia menegaskan, tindakan Hamas tidak mengurangi tanggung jawab Israel untuk melindungi warga sipil.

Sebagai tanggapan, Hamas mengecam Gedung Putih, dengan mengatakan bahwa pernyataan Kirby memberikan “lampu hijau” kepada Israel untuk melakukan “pembantaian brutal” yang menargetkan rumah sakit di Gaza.

“Pernyataan ini memberikan lampu hijau kepada pendudukan Israel untuk melakukan pembantaian brutal lebih lanjut yang menargetkan rumah sakit, dengan tujuan menghancurkan sistem layanan kesehatan Gaza dan menggusur warga Palestina,” kata kelompok teroris tersebut dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan dalam bahasa Inggris.

“Amerika Serikat memikul tanggung jawab langsung atas terjadinya perang genosida Israel di Gaza,” tambah kelompok itu.

Pertempuran dalam beberapa hari terakhir berpusat di sekitar Rumah Sakit Al Shifa di Kota Gaza, yang menurut Yerusalem menyembunyikan pusat operasi utama Hamas di sebuah bunker bawah tanah.

IDF telah berulang kali membantah bahwa Israel telah mengepung atau mengepung pusat medis tersebut, dengan mengatakan bahwa satu pintu masuk tetap terbuka dan pihaknya bekerja sama dengan staf untuk memungkinkan perjalanan yang aman bagi pasien dan warga sipil.

Fokus pada Al Shifa dan rumah sakit lain, yang mengeluhkan berkurangnya pasokan dan kematian pasien akibat pertempuran tersebut, telah meningkatkan tekanan pada Israel untuk berbuat lebih banyak untuk melindungi warga sipil Gaza yang terjebak dalam baku tembak. Para pejabat AS dan Eropa telah meminta Israel untuk melindungi kompleks medis tersebut, karena IDF terus menghasilkan bukti yang menunjukkan bahwa Hamas beroperasi di dalam dan di bawah rumah sakit sebagai sebuah kebijakan.

PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) memperkirakan setidaknya 2.300 orang, pasien, staf, dan warga sipil yang mengungsi, berada di dalam dan mungkin tidak dapat melarikan diri karena pertempuran sengit di daerah tersebut.

Dalam klip dari siaran Al Jazeera baru-baru ini yang menjadi viral, koresponden jaringan Qatar tersebut diperlihatkan sedang mewawancarai seorang pasien di sebuah rumah sakit di Gaza yang mengeluh di depan kamera bahwa para pejuang Hamas bersembunyi di antara orang-orang sakit di pusat medis tersebut.

Sebelum pasien lanjut usia tersebut dapat terus berbicara, koresponden Al Jazeera menjauh sehingga ucapannya tidak dapat terus terdengar di siaran.

Jaringan Al Jazeera yang didanai Qatar dituduh oleh para pendukung Israel mengobarkan api konflik. Qatar adalah pendukung utama Hamas dan telah berperan sebagai mediator dalam pembicaraan mengenai kembalinya tawanan Israel yang ditangkap dalam pembantaian kelompok teror tersebut di Israel selatan pada 7 Oktober.

Dalam konferensi pers malamnya, Juru Bicara IDF, Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan rumah sakit di Jalur Gaza berisiko kehilangan status mereka yang dilindungi hukum internasional karena penggunaan situs tersebut oleh Hamas untuk kegiatan militer.

“Dalam beberapa pekan terakhir kami telah menekankan lagi, dan lagi. Selain itu, karena penggunaan rumah sakit yanhg disengaja oleh Hamas untuk tujuan militer, mereka akan kehilangan perlindungan khusus berdasarkan hukum,” kata Hagari.

“Kami terpaksa beroperasi secara fokus dan hati-hati melawan infrastruktur teror Hamas di rumah sakit,” lanjutnya. “Kami menyerukan kepada agen Hamas yang bersembunyi di rumah sakit untuk menyerah agar tidak membahayakan mereka yang berada di rumah sakit.”

Hagari juga mengatakan rumah sakit Al-Quds di Kota Gaza menyelesaikan evakuasinya pada hari Selasa (14/11) . Bulan Sabit Merah Palestina mengkonfirmasi evakuasi telah selesai dan mengatakan korban luka diangkut untuk dirawat di rumah sakit di selatan Gaza.

Beberapa hari yang lalu, agen Hamas menembakkan RPG dan menembaki pasukan dari rumah sakit Al-Quds.

Selain penggunaan Rumah Sakit Al Shifa, militer yakin kelompok teror tersebut menyandera di bawah Rumah Sakit Rantisi, dan kelompok teror itu memiliki jaringan terowongan di bawah RS Indonesia; dan menembaki pasukan dari Rumah Sakit Sheikh Hamad.

“Hamas menggunakan rumah sakit sebagai perisai manusia untuk melakukan teror, dunia harus tahu apa yang dilakukannya di rumah sakit, dan kami akan terus mengungkap kejahatannya,” kata Hagari.

Juru bicara militer menambahkan tawaran yang dibuat pada hari sebelumnya untuk menyediakan 37 inkubator untuk bayi baru lahir dan perlengkapan lainnya untuk Rumah Sakit Shifa masih berlaku.

“Peralatan sudah diatur dan siap untuk dikirim.” Belum jelas bagaimana pemindahan tersebut akan dilakukan dan apakah kekurangan bahan bakar akan memungkinkan inkubator Israel digunakan jika inkubator asli rumah sakit tersebut tidak berfungsi lagi.

Pada hari Selasa, pihak militer membagikan rekaman percakapan antara petugas penghubung IDF dan direktur Rumah Sakit Al Shifa mengenai pemindahan inkubator bersama dengan empat mesin pernapasan dan peralatan medis penting lainnya.

Pada hari Minggu (12/11), IDF mengatakan mereka telah memasok 300 liter bahan bakar ke Rumah Sakit Al Shifa, melalui koordinasi dengan stafnya, namun Hamas telah mencegah pusat medis yang menjadi sasaran konflik tersebut untuk menerimanya.

Sementara itu, dilaporkan pada hari Selasa bahwa untuk pertama kalinya selama perang melawan Hamas, Israel akan mengizinkan truk UNRWA di Gaza untuk mengisi bahan bakar di penyeberangan Rafah Mesir.

Badan PBB untuk Pengungsi Palestina itu telah menyediakan bahan bakar untuk tujuan kemanusiaan di Gaza selama dua pekan terakhir melalui koordinasi dengan IDF namun jumlahnya semakin menipis dalam beberapa hari terakhir, kata seorang pejabat AS kepada situs berita Walla.

Israel sejauh ini menolak upaya untuk mengizinkan bahan bakar masuk ke Gaza, dengan alasan bahwa bahan bakar tersebut akan dialihkan oleh Hamas. Dikatakan bahwa pihaknya mencoba membawa 300 liter bahan bakar ke Rumah Sakit Shifa di Kota Gaza namun ditolak oleh administrator rumah sakit.

Namun setelah berminggu-minggu mendapat tekanan dari pemerintahan Biden, Israel kini menyetujui rencana yang memungkinkan bahan bakar masuk ke Gaza melalui truk UNRWA.

Sumber Israel mengatakan kepada Walla bahwa kesepakatan tersebut akan membuat truk-truk UNRWA mengisi bahan bakar pada hari Rabu (15/11) dengan pasokan selama 48 jam dan akan menerima pasokan dua hari lagi setelah pasokan pertama habis.

Sumber kemanusiaan yang dikutip Reuters mengatakan truk tersebut akan menerima 24.000 liter bahan bakar diesel, tidak ada satupun yang akan disalurkan ke rumah sakit. Sumber itu juga mengatakan AS menekan PBB untuk mengambil bahan bakar tersebut.

Juru bicara UNRWA mengatakan mereka tidak memiliki informasi untuk diberikan ketika dimintai komentar.

Juru bicara tersebut merujuk pada pernyataan Komisaris Jenderal UNRWA, Philippe Lazzarini, hari ini yang menyerukan bahan bakar diizinkan masuk ke Gaza.

“UNRWA membunyikan peringatan mengenai situasi bahan bakar tiga pekan lalu, memperingatkan tentang persediaan yang semakin menipis, dan dampaknya terhadap operasi penyelamatan nyawa,” kata Lazzarini dalam pernyataannya.

“Sejak itu, kami telah menjatah penggunaan bahan bakar secara besar-besaran dan mengakses bahan bakar yang sudah ada sebelumnya, dalam jumlah terbatas yang disimpan di depot di Jalur Gaza, melalui koordinasi yang erat dengan Pemerintah Israel. Depo itu sekarang kosong.”

“Sulit dipercaya bahwa lembaga-lembaga kemanusiaan harus mengemis untuk mendapatkan bahan bakar dan beroperasi dengan bantuan alat bantu hidup. Sejak awal perang, bahan bakar telah digunakan sebagai senjata perang dan hal ini harus segera dihentikan.”

Juga pada hari Selasa, Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, mengatakan IDF menerobos pertahanan Hamas di sekitar Kota Gaza, dari utara dan selatan.

Ia mengatakan, tentara menguasai wilayah udara di bagian utara Gaza, khususnya di Kota Gaza.

“Saya memberi wewenang kepada tentara untuk terus maju, baik hari ini maupun dalam beberapa hari mendatang, untuk menyelesaikan tugas. Tidak akan ada tempat yang aman (bagi Hamas) sampai kami menyelesaikan misi kami dan mengembalikan para sandera,” kata Gallant.

Menteri Pertahanan mengatakan pertempuran berbulan-bulan di Gaza akan terjadi, dengan Israel a juga berencana untuk melakukan operasi di Jalur selatan. “Kami akan menyerang Hamas di mana pun. Kami akan membongkar kemampuan komandonya,” katanya.

Mengenai serangan berulang Hizbullah dari Lebanon di Israel utara, Gallant mengatakan, “keselamatan penduduk di utara dan selatan sama pentingnya. Kami akan tahu apa yang harus dilakukan terhadap ancaman apa pun.”

Perang meletus setelah teroris pimpinan Hamas melancarkan serangan dahsyat pada tanggal 7 Oktober, di mana mereka mengamuk di wilayah selatan, menewaskan lebih dari 1.200 orang, sebagian besar warga sipil dibantai di rumah mereka dan di festival musik, dan menculik sekitar 240 orang.

Israel kemudian menyatakan perang dengan tujuan menggulingkan rezim kelompok teror di Gaza, yang telah mereka kuasai sejak mengambil alih kekuasaan pada tahun 2007.

Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas pada hari Selasa mengklaim bahwa 11.240 orang telah tewas di Gaza sejak dimulainya perang, angka yang tidak dapat diverifikasi secara independen, tidak membedakan antara warga sipil dan anggota teroris Hamas, dan juga termasuk mereka yang tewas dalam serangan roket Palestina yang gagal diluncurkan. (ToI/Reuters/AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home