Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:52 WIB | Jumat, 02 Januari 2015

Jakarta Night Market 2014 Ciptakan Masyarakat Cerdas Pangan

Jakarta Night Market 2014 yang digelar secara rutin oleh Pemda Provinsi DKI Jakarta setiap hari Sabtu mulai pukul 16.00 WIB – 22.00 WIB.(Foto: pom.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Balai Besar POM di Jakarta mendukung Jakarta Night Market  (JNM), yang digelar secara rutin oleh Pemda Provinsi DKI Jakarta setiap hari Sabtu mulai pukul 16.00 WIB – 22.00 WIB . Kegiatan Jakarta Night Market telah berlangsung selama lebih dari 3 bulan tersebut  berakhir pada tanggal 27 Desember  2014.

Pada akhir JNM, stand Balai Besar POM di Jakarta masih dipenuhi oleh pengunjung, yang ingin memperoleh informasi mengenai obat dan makanan termasuk bahan berbahaya yang disalahgunakan dalam pangan.

Pada kesempatan tersebut, tetap dilakukan sampling dan pengujian oleh petugas BBPOM di  Jakarta, dengan menggunakan rapid test kit terhadap pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya, dari penjaja pangan pada penyelenggaraan JNM.

Para penjaja pangan, merupakan UKM  binaan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Provinsi DKI Jakarta, yang berjumlah sekitar 200 penjaja pangan.

Para pengunjung stand dari semua lapisan masyarakat dan juga berbagai usia,  begitu antusias dengan pengamatan dan penjelasan dari petugas Balai Besar POM di Jakarta. Proses pengujian yang dalam waktu singkat dapat mengidentifikasi kandungan bahan berbahaya pada pangan.

Pada rangkaian penyelenggaraan JNM, Tim Balai Besar POM di Jakarta turut pula berpartisipasi untuk memberikan informasi dalam bentuk talk show atau wawancara langsung.

Pada kesempatan terakhir penyelenggaraan JNM, masih ditemukan pangan yang mengandung bahan berbahaya sebanyak  dua sampel. Oleh karena itu Kepala Balai Besar POM di Jakarta, Dra. Dewi Prawitasari, Apt., M.Kes dan Tim dari Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen (Serlik),  memberikan informasi mengenai pentingnya masyarakat mengenali pangan yang mengandung bahan berbahaya, dan dapat menjadi masyarakat cerdas dalam memilih pangan yang aman untuk dikonsumsi.  (pom.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home