Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 14:36 WIB | Senin, 06 Mei 2013

Jalan Kaki, Cara Mudah Menjaga Kesehatan

(Foto: The Ramblers)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk berjalan kaki setiap hari. Atau berapa jauh Anda berjalan kaki setiap hari?

The Ramblers, sebuah lembaga yang mempromosikan agar orang menyukai berjalan. Dengan banyak berjalan akan membantu memelihara kesehatan. Dalam pekan ini lembaga itu menyelenggarakan "Get Walking Week" ( 04 -11/5).

Benediktus Southworth, chief executive The Ramblers, mengatakan, "Berjalan adalah salah satu cara yang paling mudah dan dapat dicapai untuk mengatasi berbagai pandemi di Inggris. Dan kita perlu mulai sekarang."

Menteri Kesehatan Masyarakat, Anna Soubry, juga sependapat. Berjalan adalah salah satu cara terbaik untuk tetap sehat. Disebutkan bahwa pedoman yang dikeluarkan pemerintah sebaiknya seseorang melakukan  kegiatan fisik, termasuk berjalan kaki, selama 150 menit  (atau 2,5 jam) setiap minggu.

Apakah orang Inggris juga suka berjalan? Sebuah jajak pendapat yang dilakukan The YouGo untuk The Ramblers menunjukkan bahwa sekitar 25 persen orang dewasa berjalan kurang dari satu jam setiap minggu.

Survei itu dilakukan kepada 2.000 orang dewasa untuk mencari tahu di mana dan kapan mereka berjalan. Dan temuan lainnya menunjukkan 43 persen  orang berjalan kaki kurang dari dua jam seminggu.

Aktivitas jalan kaki umumnya dilakukan ketika berangkat ke sekolah, ke tempat kerja, atau berbelanja ke toko. The Ramblers mempromosikan berjalan kaki, karena ada survei yang menyebutkan bahwa dua per tiga orang dewasa melakukan kegiatan fisik terlalu sedikit.

Namun demikian, responden pada dasarnya setuju kalau berjalan itu bentuk olah raga yang baik dan mudah. Jadi bagaimana Anda? Berapa jam seminggu Anda melakukan kegiatan fisik. Jika jalan kaki adalah aktivitas termudah, berapa jam Anda berjalan kaki?

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home