Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:11 WIB | Sabtu, 18 Oktober 2014

Jalur Kereta Kota-Tanjung Priok Marak Bangunan Liar

Jalur kereta Kota-Tanjung Priok marak bangunan liar. (Foto: beritajakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Rencana PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mengoperasikan jalur kereta api rute Stasiun Kota-Stasiun Tanjung Priok pertengahan Oktober ini terpaksa ditunda, menyusul masih maraknya bangunan liar di sepanjang jalur tersebut. Akhirnya pengoperasian kereta api tersebut baru bisa dilakukan Desember mendatang.

"Setelah jalur kereta api steril dari bangunan liar, kereta api jalur Stasiun Kota-Stasiun Tanjung Priok baru bisa dioperasikan. Karena maraknya bangunan liar itu bisa membahayakan perjalanan kereta api," kata Agus Komarudin, Kepala Humas Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Jumat (17/10).

Agus menjelaskan, jalur kereta api sepanjang 10 kilometer itu terakhir kali dioperasikan tahun 1999. Setelah 15 tahun berhenti, kini di sejumlah titik jalur tersebut, seperti di bantaran rel Kampung Bandan Atas dan Ancol, dipadati ratusan bangunan liar. Ratusan bangunan liar di bantaran rel itu terdiri atas rumah penduduk serta lapak-lapak usaha.

"Dari hasil evaluasi yang kami lakukan, masih ada beberapa kendala teknis yang perlu diselesaikan. Selain itu, jalur juga belum steril, terutama di sekitar Kampung Bandan Atas dan Ancol," ujar Agus.

Agus mengatakan pihaknya belum memiliki data konkret terkait jumlah bangunan liar yang berdiri di jalur tersebut. "Nanti Desember, seiring dilaksanakan uji coba, kami juga akan sosialisasikan kepada warga. Setelah itu kami akan minta mereka meninggalkan bantaran rel dan lakukan sterilisasi," dia menandaskan. (beritajakarta.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home