Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 19:05 WIB | Kamis, 30 Januari 2014

Jalur Puncak Kembali Normal Pascalongsor

Longsor sebelum Masjid Attaawun Jalan Raya Puncak, Bogor, Kamis (30/1). (Foto: dari @TMCPoldaMetro)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Muhammad Chaniago mengatakan, arus lalu lintas di KM 88 Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Kamis (30/1) berangsur normal. Sementara, Sekretaris Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, menyebutkan, longsor terjadi di jalur Puncak akibat hujan yang terus mengguyur sejak kemarin. Tak ada korban jiwa dalam longsor itu.   

"Pukul 11.35 WIB tadi arus sudah dibuka dua arah, jalur sudah normal dilalui kendaraan," ujarnya AKP Muhammad.

Ia menjelaskan, longsor tebing terjadi Kamis dini hari di jalur Puncak, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, masih di sekitar  Riung Gunung sebelum Masjid Attaawun. Ia menambahkan, lokasi longsor berjarak sekitar 500 meter dari longsor tebing pada Selasa (21/1) lalu, dengan skala lebih kecil dibanding yang pertama.

"Longsor susulan dari yang kemarin, tidak terlalu berisiko, hanya menutup sebagian jalan menghambat akses lalu lintas," AKP Muhammad menjelaskan.

Meski tidak menyebabkan adanya korban jiwa, lanjutnya, longsoran tebing sempat menghambat arus lalu lintas di kawasan Puncak hingga petugas memberlakukan sistem buka tutup selama proses evakuasi berlangsung.

AKP Muhammad mengungkapkan, material tanah longsor yang menutup sebagian badan jalan Puncak telah dievakuasi oleh petugas dari Bina Marga dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, hingga pukul 11.35 jalur sudah normal kembali.

"Jalur Puncak sudah normal kembali. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati selama berkendaraan di musim hujan ini," imbau AKP Muhammad.

Longsor Akibat Hujan

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor, Makmur menyebutkan, longsor terjadi di jalur Puncak akibat hujan turun sejak kemarin.

"Puncak terus diguyur hujan sejak kemarin, sehingga menyebabkan tanah labil. Longsor memang kerap terjadi bila hujan terus turun, itu karena Bogor menjadi daerah rawan bencana," ungkapnya.

Makmur mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap longsor dan banjir pada musim penghujan saat ini.

Berita sebelumnya yang dihimpun satuharapan.com, longsor terjadi Kamis (30/1) pagi tadi di Jalan Raya Puncak, Bogor. TMC Polda melaporkan, longsor terjadi sekitar pukul 11 siang ini. Lalu lintas buka-tutup diberlakukan.  (Ant/@TMCPoldaMetro)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home