Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 18:11 WIB | Kamis, 12 Mei 2022

Jane Callista Raih Juara Menyanyi di Sanremo, Italia

Jane Callista Raih Juara Menyanyi di Sanremo, Italia
Jane Callista. (Foto: dok. Ist)
Jane Callista Raih Juara Menyanyi di Sanremo, Italia
Jane Callista ketika tampil di "Sanremo Junior World Finals" ke-13, di Teatro Ariston, Sanremo, Italia, 1-8 Mei 2022. (Foto: dok. KBRI Italia)
Jane Callista Raih Juara Menyanyi di Sanremo, Italia

SANREMO, SATUHARAPAN.COM-Penyanyi remaja asal Indonesia, Jane Callista Saweago, memenangi kompetisi menyanyi internasional, "Sanremo Junior World Finals" ke-13, yang berlangsung di Teatro Ariston, Sanremo, Italia, 1-8 Mei 2022.

"Indonesia Juara! Sangat bersyukur atas pencapaian ini sebagai Juara Dunia World Grand Prix Winner of Sanremo Junior 2022, dan juga Juara 1 Alice Artemis Vigano Award di Teatro Ariston, Sanremo - Italia," tulis Jane Callista, kelahiran Jakarta, 1 Januari 2008, melalui akun Instagram resminya.

Sanremo Junior merupakan sebuah ajang kompetisi internasional bergengsi di dunia tarik suara yang berada di bawah naungan UNICEF, di mana pesertanya adalah perwakilan terpilih dari masing-masing negara yang telah melalui proses seleksi ketat dari panitia dan juri.

Jane, menurut keterangan btertulis Kedutaan besar Indonesia di Roma, Kamis (12/5), menjadi pemenang pertama dan World Grand Prix Champion dengan suara bulat dari para juri mengalahkan pesaing dan para finalis lainnya yang merupakan representatif terpilih dari berbagai negara, meliputi 20 negara dari tiga benua.

Meski sudah beberapa kali memenangkan kompetisi bernyanyi di dalam dan luar negeri, kemenangan ini tetap membanggakan bagi Jane Callista karena level kompetisi SanremoJunior yang sangat prestise.

Jane mengaku memiliki banyak pengalaman menarik sekaligus berharga selama mengikuti kompetisi menyanyi di "Sanremo Junior World Finals 2022".  "Sungguh pengalaman yang tak terlupakan bertemu para finalis yang sangat berbakat dari berbagai negara di dunia. Selain mendapat teman baru, kami juga saling bertukar cendera mata dari negara kami masing-masing," tutur Jane Callista yang telah menyiapkan tas lukis dari Klaten dan boneka wayang sebagai cendera mata. Jane pun merasa sangat bahagia bisa menyanyi dan berkompetisi langsung di hadapan para juri dan banyak penonton secara live.

Saat kompetisi, para finalis diiringi oleh Sanremo Symphony Orchestra dengan 32 musisi dan konduktor handal Maestro Alessandro Scaglione. Pengumuman dan penobatan gelar juara World Grand Prix Winner dilakukan oleh pimpinan SanremoJunior World Finals, Mr. Paolo Alberti dan presiden dewan juri Mr. Franco Fasano, yang merupakan sosok musisi ternama di Italia.  

Dia menyampaikan dalam wawancara dengan berita koran nasional Italia La Stampa, "Peserta asal Indonesia ini, Jane Callista, adalah yang paling mengesankan saya dalam beberapa tahun terakhir. Sanremo Junior, sangat impresif, memiliki aksi panggung dan cara menyanyi yang sangat baik. Selain selaras, dia juga seorang aktris, mengingatkan saya kepada sosok artis legendaries, Judy Garland. Meskipun usianya masih muda, tapi dia penuh percaya diri," kata presiden juri Franco Fasano seperti dikutip pada koran nasional berbahasa Italia tersebut.

"Saya sangat senang dan berterima kasih kepada orkestra yang mengiriingi saya menuju kemenangan. Saya juga menyukai tari, teater, dan musikal", seperti dikutip dalam wawancaranya dengan La Stampa, koran nasional Italia. Uniknya lagi, Jane mempersembahkan lagu “Tyrolean” dengan nada tinggi yang khas pada kompetisi dunia ini.

Jane Callista Saweago menang (dengan suara bulat), mengalahkan pesaing dari Israel dan Belarus. Pengumuman dilakukan pada penutupan event GEF, Festival Kreativitas Dunia, yang menampilkan peserta dari berbagai penjuru negara ke atas panggung, baik karena telah ikut dalam kompetisi maupun karena keluar sebagai juara. Acara GEF dan Sanremo Junior World Finals 2022 melibatkan lebih dari seribu peserta ke Sanremo dari sekitar dua puluh negara di tiga benua.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home