Loading...
SAINS
Penulis: Kartika Virgianti 06:39 WIB | Minggu, 06 Oktober 2013

Jangan Maklum dengan Pikun: Kenali 10 Gejala Umum Demensia Alzheimer

Caregiver Meeting, dengan slogan Jangan Maklum dengan Pikun, memberitahukan 10 gejala umum alzheimer. (Foto: Kartika Virgianti)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 60-70% kasus demensia merupakan penyakit alzheimer. Hilangnya memori hingga mengganggu aktivitas sehari-hari bukan merupakan bagian normal dari penuaan. Namun, hal yang patut kita cermati apabila melihat tanda-tanda atau gejala penyakit alzheimer di bawah ini, segera konsultasikan ke dokter terdekat.

1. Gangguan Daya Ingat

Sering lupa akan kejadian yang baru saja terjadi, lupa janji, menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali. Misalnya lupa tempat parkir di mana, bertanya pada suami bahwa besok anak-anak jadi datang atau tidak berkali-kali.

2. Sulit Fokus

Sulit melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari, lupa cara memasak, mengoperasikan telepon, handphone, tidak dapat melakukan perhitungan sederhana, bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

3. Sulit Melakukan Kegiatan yang Familiar

Seringkali sulit untuk merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari-hari, bingung cara mengemudi, sulit mengaur keuangan.

4. Disorientasi

Bingung akan waktu (hari/tanggal/hari penting), bingung di mana mereka berada dan bagaimana mereka bisa sampai ke sana, tidak tahu jalan pulang kembali ke rumah.

5. Kesulitan Memahami Visuospasial

Sulit untuk membaca, mengukur jarak, menentukan jarak, membedakan warna, tidak mengenali wajah sendiri di cermin, menabrak suatu benda saat berjalan, menuangkan air di gelas namun tumpah dan tidak tepat menuangkannya.

6. Gangguan Berkomunikasi

Kesulitan berbicara dan mencari kata yang tepat, seringkali berhenti di tengah percakapan dan bingung untuk melanjutkannya.

7. Menaruh Barang Tidak pada Tempatnya

Lupa di mana meletakkan sesuatu, bahkan kadang curiga ada yang mencuri atau menyembunyikan baranng tersebut.

8. Salah Membuat Keputusan

Berpakaian tidak serasi, misalnya memakai kaos kaki berwarna merah di sebelah kiri dan warna biru di sebelah kanan, tidak dapat memperhitungkan pembayaran saat bertransaksi, dan tidak dapat merawat diri dengan baik.

9. Menarik Diri dari Pergaulan

Tidak memiliki semangat ataupun inisiatif untuk melakukan aktivitas atau hobi yang biasa dinikmati, tidak terlalu bersemangat untuk berkumpul dengan teman-temannya.

10. Perubahan Perilaku dan Kepribadian

Emosi berubah secara drastis, menjadi bingung, curiga, depresi, takut atau ketergantungan yang berlebihan pada anggota keluarga, mudah kecewa dan putus asa baik di rumah maupun dalam pekerjaan.

Alzheimer bisa dicegah sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat, berolahraga rutin, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, berpikiran positif dan beraktivitas secara seimbang.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home