Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 06:28 WIB | Sabtu, 03 Mei 2014

Jateng V Kembali Kirim Tiga Caleg PDIP ke Senayan

Peta perolehan suara partai politik Pemilu 2014 dari daerah pemilihan Jawa Tengah V. (Sumber: KPU)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah (Jateng) V kemungkinan besar kembali menunjuk tiga calon anggota legislatif (caleg) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk menjadi wakil rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), lima tahun mendatang, seperti Pemilu 2009. Mereka tetap mengirim Puan Maharani dan Aria Bima. Namun pada kesempatan kali ini PDIP tidak mengutus Nusyirwan Soejono, karena nama tersebut diperkirakan kalah dari Rahmad Handoyo, dalam perolehan suara.

Hal tersebut disimpulkan usai Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) mengesahkan hasil rekapitulasi penghitungan suara perolehan partai politik dan calon anggota DPR-RI dapil Jateng V di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Rabu (30/4).

Puan Maharani dan Aria Bima adalah caleg petahana dapil ini. Usai terpilih jadi anggota legislatif pada Pemilu 2009, Puan Maharani menghuni kursi Komisi III dan Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR-RI. Sedangkan Aria Bima, menjabat sebagai Anggota Komisi VI DPR-RI periode 2009-2014.

Sementara itu, Rahmad Handoyo adalah Direktur Utama Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo) periode 2000-2003. Setelah itu ia menjalani karirnya sebagai Tenaga Ahli Fraksi PDIP di DPR-RI sejak 2005 hingga saat ini.

Lima kursi tersisa diperkirakan menjadi milik Golkar, Gerindra, PAN, PKB dan Nasdem, dengan perolehan masing-masing satu kursi.

Golkar diprediksi akan memberi jatah kursinya pada petahana Eko Sarjono Putro. Usai terpilih pada Pemilu 2009, Dewan Penasehat Barisan Muda Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (BM Kosgoro) 1957 Jawa Tengah, periode 2004-2009, menjabat sebagai Anggota Komisi V dan Badan Legislasi DPR-RI, hingga saat ini.

Satu kursi Gerindra diperkirakan untuk caleg  nomor urut satu, Bambang Riyanto, ia adalah sosok yang tengah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Tengah (2007-sekarang).

Jatah kursi partai berlambang matahari putih, PAN, kemungkinan dimiliki caleg nomor urut dua, Mohammad Hatta. Ia adalah Ketua Umum Asosiasi Importir Perhiasan Permata Indonesia (2005-2013), yang kini menjabat sebagai Komisaris PT Borneo Gems, sejak 2010.

Selanjutnya, perolehan kursi PKB dipredikasi akan diberi pada Wakil Bupati Sukoharjo (2000-2009), Mohamad Toha. Ia merupakan salah satu petahan dapil Jateng V, sejak terpilih pada 2009, Toha menjabat sebagai Anggota Komisi V, Badan Urusan Rumah Tangga, dan Panitia Khusus Bank Century (DPR-RI).

Kursi terakhir akan menghadirkan caleg dari partai yang baru tampil di Pemilu 2014 ini, Nasdem, dan kemungkin diperuntukkan caleg atas nama Eva Yuliana. Sebelumnya pada periode 1999-2004, ia pernah menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, lalu menjadi staf khusus Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, sejak 2007 hingga 2009.

Perlu dicatat, perolehan suara parpol dan pembagian kursi ini belum menyertakan penghitungan total suara sah parpol yang melampaui ambang batas parlemen 3,5 persen. Karena rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional dari 77 dapil DPR-RI belum selesai terlaksana di tingkat KPU-RI.

Angel Lelga “Keok”

Dengan disahkannya hasil penghitungan suara di dapil Jateng V oleh KPU-RI, maka diperkirakan sosok artis yang beberapa kali muncul di layar televisi sebagai caleg PPP, untuk memaparkan visi misinya, Angel Lelga Anggreyani, gugur dalam perebutan kursi DPR-RI dari dapil nan meliputi Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta ini.

Hasil ini juga diperkirakan memupuskan harapan beberapa anggota legislatif terpilih pemilu 2009 yang namanya kembali tercantum dalam daftar calon tetap pemilu 2014. Mereka adalah Anggota Komisi V dan Badan Anggaran DPR-RI, Nusyirwan Soejono (PDIP), serta Anggota Komisi IX DPR-RI, Gray Koes Moertiyah (Demokrat).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home