Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 19:38 WIB | Kamis, 19 Maret 2015

Jelang Perayaan Hari Raya Nyepi

Jelang Perayaan Hari Raya Nyepi
Jelang perayaan Hari Nyepi Tahun Baru Saka 1937 seorang jemaah Hindu Pura Agung Wira Satya Buana sibuk mempersiapkan Nanding Sodaan untuk upacara Tawur dan juga pawai Ogoh ogoh yang akan dilaksanakan sehari sebelum perayaan Hari Nyepi yang rencananya akan dilaksanakan, Jumat (20/3) di lapangan silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Jelang Perayaan Hari Raya Nyepi
Susunan Nanding Sodaan sebagai sembahan yang dipersiapkan untuk upacara Tawur sehari sebelum perayaan Hari Nyepi dilaksanakan yang akan diadakan di lapangan silang Monas yang diikuti oleh ratusan umat Hindu dari berbagai wilayah diantaranya Jakarta, Bogor dan Bekasi.
Jelang Perayaan Hari Raya Nyepi
Susunan Canang Sari sebagai salah satu sembahan untuk sembahyang panjatkan doa kepada Sang Dewata yang rencananya akan dilaksanakan besok bersama dengan ratusan umat Hindu dari berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya.
Jelang Perayaan Hari Raya Nyepi
Dua jemaah umat Hindu Pura Agung Wira Satya Buana yang terletak di Jakarta Pusat tampak sibuk menyusun sembahan Canang Sari untuk persiapan pelaksanaan Tawur yang akan diadakan besok di lapangan silang Monas.
Jelang Perayaan Hari Raya Nyepi
Seorang jemaah Pura Agung Wira Satya Buana tampak sibuk merapikan Ogoh-ogoh Dewata Nawa Sanga untuk dibawa dalam pawai yang akan diadakan pada Jumat (20/3) di lapangan silang Monas Jakarta Pusat.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Jelang perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937, umat Hindu di Pura Agung Wira Satya Buana Jalan Kesehatan, Komplek Paspampres, Jakarta Pusat, Kamis (19/3) tampak sibuk. Salah satunya mempersiapkan Tawur atau perayaan sehari sebelum perayaan Hari Nyepi yang rencananya akan diadakan di lapangan silang Monumen Nasional (Monas) pada, Jumat (20/3).

Tawur akan diikuti oleh ratusan umat Hindu yang tersebar di sekitar 22 pura yang ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya, baik Bogor, Bekasi dan Tangerang. Akan ada pawai Ogoh-ogoh yang merupakan bagian dari rangkaian proses upacara Tawur yang akan diadakan besok.

Menurut salah satu jemaah Pura Wira Satya Buana mengatakan sebelum berangkat ke Monas besok, rencananya kami semua akan mengadakan doa bersama di pura yang akan dimulai dari pagi. Lalu dilanjutkan dengan bersama-sama menuju Monas dengan membawa Ogoh-ogoh Dewata Nawa Sanga. Usai acara di Monas sore harinya sekitar pukul 16.00 WIB para jemaah kembali ke pura dengan melakukan arak-arakan Ogoh-ogoh yang kemudian dibakar.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home