Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:43 WIB | Selasa, 07 Oktober 2014

Jembatan Comal Sisi Selatan Dibuka Semua Jenis Kendaraan

Iluistrasi perbaikan Jembatan Comal. (Foto : antaranews.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Jembatan Comal sisi selatan di jalur Pantura Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, mulai dibuka secara resmi sejak Jumat (3/10) pukul 22.35, setelah sekitar tiga bulan ditutup akibat ambles.

"Jembatan Comal A atau sisi selatan sudah dibuka untuk segala jenis kendaraan,“ kata Adriananda, Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah II, Ditjen Bina Marga, Kementerian PU, Senin (6/10) di ruang kerjanya.

Saat ini, lalu lintas dapat melintas seperti biasanya termasuk jenis kendaraan angkutan berat di atas MST (muatan sumbu terberat) 10 ton, yang sebelumnya dialihkan ke jalur  selatan.

“Sementara itu, untuk giliran perbaikan secara permanen Jembatan Comal sisi utara (Comal B), dua minggu mendatang akan ditutup, kendaraan dari Jakarta dan sebaliknya sementara akan dialihkan ke Jembatan Comal A (sisi selatan), dengan pengaturan dua jalur dengan koordinasi LLAJR (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya) dan kepolisian setempat,“ kata Adriananda

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Satuan Kerja Wilayah I Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Sumarjono, menambahkan setelah melalui serangkaian uji coba, jembatan dioperasikan lebih awal dari rencana Rabu (8/10).

"Selama ini banyak truk dengan jumlah berat yang diizinkan hanya 45 ton, tapi kenyataannya mengangkut muatan hingga 70 ton," kata Sumarjono.

Dia menambahkan, pengaspalan Jembatan Comal sisi selatan telah rampung, tinggal menyisakan pekerjaan akhir, sehingga optimistis dalam dua hari terakhir jembatan sudah dapat dibuka.

Untuk melihat keandalan jembatan, dilakukan uji coba yang dilaksanakan Rabu (1/10). Jembatan dilalui 10 kendaraan dengan berat total 20 ton, jembatan sisi selatan yang memasuki pekerjaan akhir, yakni pengecatan rangka jembatan, pembangunan trotoar, dan pemasangan kapolding, sempat mengalami penurunan 2 milimeter.(pu.go.id)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home