Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:15 WIB | Minggu, 30 Januari 2022

Jepang Akan Awasi Penyelidikan WHO terhadap Takeshi Kasai

Direktur WHO Pasifik Barat, Dr. Takeshi Kasai. (Foto: dok. AP)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Jepang pada Jumat (28/1) mengatakan akan mengawasi penyelidikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atas keluhan staf tentang rasisme dan pelecehan oleh seorang pejabat tinggi Jepang di badan tersebut, tetapi membantah telah menerima informasi vaksin sensitif secara tidak tepat darinya.

Staf WHO menuduh bahwa Dr. Takeshi Kasai, direktur utama badan kesehatan PBB di Pasifik Barat, terlibat dalam perilaku yang tidak etis, rasis dan kasar, merusak upaya mereka untuk mengekang pandemi virus corona, menurut pengaduan internal yang diajukan Oktober lalu.

Keluhan tersebut juga dikirim melalui email ke para pemimpin senior WHO pekan lalu dan menggambarkan “atmosfer beracun” dengan “budaya intimidasi sistemik” di kantor pusat regional WHO di Filipina.

Rekaman yang diperoleh The Associated Press juga menunjukkan bahwa Kasai, yang mengepalai wilayah yang luas yang mencakup China dan Jepang, membuat pernyataan yang menghina stafnya selama pertemuan berdasarkan kebangsaan. Kasai membantah tuduhan itu.

Koichiro Matsumoto, wakil sekretaris Kabinet untuk urusan publik di Kantor Perdana Menteri Jepang, mengatakan kepada AP pada hari Jumat (28/1) bahwa pemerintah memahami WHO mengambil langkah-langkah yang tepat dan bahwa Jepang berencana untuk hati-hati mengawasi penyelidikan WHO.

Matsumoto membantah bahwa pemerintah Jepang secara tidak tepat menerima informasi vaksin sensitif dari Kasai yang diduga diperolehnya dengan menyalahgunakan posisinya. “Tidak ada kebenaran (tuduhan) bahwa pemerintah Jepang secara tidak tepat menerima informasi sensitif terkait kontribusi vaksin kami,” katanya.

Dia mengatakan Jepang menganggap serius pentingnya menjaga akses yang sama dan adil ke vaksin yang aman, efektif dan berkualitas tinggi untuk semua negara dan wilayah, dan bahwa pemerintah Jepang telah memberikan dukungan melalui kerjasama dengan COVAX, program kerja sama yang didukung PBB yang dibentuk untuk memastikan negara berpenghasilan rendah dan menengah memiliki akses yang adil ke vaksin COVID-19.

Sejak Juni 2021, Jepang telah menyediakan 42 juta dosis vaksin COVID-19, 17,6 juta dosis melalui COVAX dan 24,6 dosis melalui kesepakatan bilateral.

Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt mengatakan pada hari Jumat bahwa dia tidak mengetahui tuduhan terhadap Kasai sebelum membaca laporan media dan akan mencari pengarahan dari WHO. Dia menyarankan proses internal WHO untuk memeriksa tuduhan signifikan seperti itu akan mendapat manfaat dari semacam pengawasan eksternal.

"Kami akan meminta saran independen dari WHO mengenai sifat dan tanggapan atas klaim ini," kata Hunt.

Di Jenewa, duta besar Inggris untuk PBB Simon Manley mengatakan tidak ada tempat untuk diskriminasi di WHO dan bahwa Inggris mengharapkan badan tersebut untuk "menyelidiki dengan kuat semua tuduhan pelanggaran" dan untuk mendukung mereka yang terkena dampak.

“Oleh karena itu, kami akan memantau dengan cermat tanggapan WHO terhadap laporan-laporan ini dan terus mempertahankannya dengan standar etika tertinggi,” kata Manley.

Misi diplomatik Prancis di Jenewa mengatakan tidak ada toleransi untuk semua bentuk diskriminasi, pelecehan, dan perilaku kasar. Prancis duduk di dewan eksekutif WHO dan menerima salinan keluhan yang dikirim melalui email minggu lalu.

“Jika peristiwa ini ternyata benar, maka direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengambil setiap langkah yang dia anggap tepat,” kata misi tersebut. Dikatakan bahwa pihaknya menanggapi "dengan sangat serius tuduhan serius yang dibuat sehubungan dengan Dr. Kasai."

Misi Prancis mengatakan konsekuensinya dapat mencakup konsultasi kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dengan dewan eksekutif WHO tentang "kemungkinan penghentian" kontrak Kasai. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home