Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:45 WIB | Selasa, 17 September 2013

Jepang Berencana Bangun Kereta Api Super Cepat di Indonesia

Kereta api super cepat buatan Jepang

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Jepang berniat membangun kereta api super cepat di Indonesia untuk melancarkan dan mempersingkat transportasi antarkota. Dengan kereta api ini diperkirakan waktu tempuh antara Jakarta dan Surabaya hanya sekitar 2,5 jam.

Menteri Perhubungan, EE Mangindaan, menyatakan bahwa Jepang berminat untuk membangun kereta api super cepat ini dengan rute Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya. Pada rute Jakarta-Bandung, perlu membangun terowongan untuk laju kereta karena area yang berbukit-bukit. Sedangkan pada rute Jakarta-Surabaya akan dibangun di atas rel jalur ganda Jakarta-Surabaya.

"Kalau jalur ganda Jakarta-Surabaya bisa selesai akhir tahun ini, rencana pembangunan rel kereta super cepat bisa di atasnya sebagai jalur layang walaupun akan memakan biaya besar sekali," jelas Menhub di Jakarta, Senin (16/9).

Mangindaan juga menambahkan bahwa pihak Jepang dan Indonesia telah melakukan pembahasan seputar proyek ini. Di tahun ini juga Jepang akan menindaklanjuti rencana pembangunan kereta api super cepat tersebut.

Ia juga belum bisa mengungkapkan seberapa besar investasi agar tidak memberatkan pengguna jasa transportasi kereta api super cepat seperti memperpanjang masa konsesi pengelolaan rute kereta api tersebut. (setkab.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home