Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:09 WIB | Sabtu, 10 Juni 2023

Jepang Perdebatkan Status Pasangan Sejenis dan Hak LGBTQ+

Pengacara membentangkan spanduk, yang bertuliskan "Kebebasan pernikahan untuk semua," sebelum putusan di luar Pengadilan Distrik Fukuoka di Fukuoka, Jepang selatan Kamis, 8 Juni 2023. Pengadilan Jepang pada hari Kamis memutuskan bahwa penolakan pemerintah terhadap pernikahan sesama jenis adalah dalam “keadaan inkonstitusional,” keputusan pengadilan terbaru yang mendukung pasangan dan pendukung mereka mencari hak yang sama sebagai satu-satunya anggota Kelompok Tujuh tanpa perlindungan hukum untuk LGBTQ menghadapi perhatian global yang semakin meningkat. (Foto: Kyodo News via AP)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan Jepang pada hari Kamis (8/6) memutuskan bahwa kurangnya perlindungan hukum bagi orang-orang LGTBQ+ tampaknya tidak konstitusional, dalam putusan terbaru yang dapat membantu mendorong negara tersebut untuk mengizinkan pernikahan sesama jenis.

Jepang adalah satu-satunya anggota Kelompok Tujuh (G-7) negara tanpa perlindungan hukum LGTBQ+. Dukungan untuk melegalkan pernikahan sesama jenis telah tumbuh di kalangan publik Jepang, tetapi Partai Demokrat Liberal yang berkuasa, yang dikenal dengan nilai-nilai konservatif dan keengganannya untuk mempromosikan kesetaraan jender dan keragaman seksual, sebenarnya merupakan oposisi utama untuk hak pernikahan dan pengakuan kesetaraan LGTBQ+ lainnya.

Putusan Pengadilan Distrik Fukuoka di Jepang selatan melibatkan lima kasus pengadilan terakhir yang diajukan oleh 14 pasangan sesama jenis pada tahun 2019 yang menuduh pemerintah melanggar kesetaraan mereka. Empat dari pengadilan telah memutuskan kebijakan Jepang saat ini tidak konstitusional atau hampir tidak konstitusional, sementara yang kelima mengatakan larangan pernikahan sesama jenis adalah konstitusional.

Hakim dalam kasus Fukuoka, Hiroyuki Ueda, memutuskan bahwa “situasi saat ini yang mengecualikan pasangan sesama jenis tanpa langkah hukum untuk menjadi keluarga berada dalam keadaan inkonstitusional.” Ungkapan itu berarti hakim menemukan itu bukan pelanggaran langsung terhadap konstitusi tetapi dekat dengan itu.

Putusan itu, yang dikeluarkan selama Bulan Kebanggaan Gay, mengatakan bahwa melegalkan pernikahan sesama jenis adalah tren internasional dan bahwa komite hak asasi manusia PBB telah berulang kali mendesak Jepang untuk mengatasi diskriminasi terhadap pasangan sesama jenis. Ini mencatat penerimaan publik yang tumbuh untuk pernikahan sesama jenis.

Namun, hakim menolak tuntutan dari tiga pasangan sesama jenis agar pemerintah membayar mereka masing-masing satu juta yen (setara Rp 26 juta) sebagai kompensasi atas perlakuan diskriminatif yang mereka hadapi karena mereka tidak dapat diakui sebagai pasangan suami istri yang sah.

Pendukung bersorak di luar pengadilan, mengibarkan bendera pelangi dan memegang tanda bertuliskan "Inkonstitusional" dan "Cepat pengesahan hukum di parlemen!"

Salah satu dari enam penggugat mengatakan dia tidak berharap pemerintah segera bertindak dan dia akan terus menyuarakan untuk mencapai kesetaraan.

Aktivis hak mengatakan pemerintah konservatif Jepang telah menghalangi dorongan untuk persamaan hak yang sebagian besar didukung oleh publik. Dukungan untuk orang-orang LGBTQ+ di Jepang tumbuh perlahan, tetapi survei terbaru menunjukkan mayoritas orang Jepang mendukung legalisasi pernikahan sesama jenis dan perlindungan lainnya. Dukungan di antara komunitas bisnis telah meningkat pesat.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan bahwa mengizinkan pernikahan sesama jenis akan mengubah masyarakat dan nilai-nilai Jepang dan membutuhkan pertimbangan yang cermat. Dia belum secara jelas menyatakan pandangannya karena beberapa anggota partainya keberatan dengan undang-undang yang melarang diskriminasi terhadap orang-orang LGBTQ+.

Aktivis LGBTQ+ dan pendukung mereka telah meningkatkan upaya mereka untuk mencapai undang-undang anti-diskriminasi sejak seorang mantan pembantu Kishida mengatakan pada bulan Februari bahwa dia tidak ingin tinggal di sebelah orang-orang LGBTQ+ dan bahwa warga negara akan meninggalkan Jepang jika pernikahan sesama jenis diizinkan.

Menyusul kemarahan yang meluas atas pernyataan tersebut, LDP mengajukan undang-undang ke parlemen untuk mempromosikan kesadaran akan hak-hak LGBTQ+. Dinyatakan bahwa diskriminasi “tidak adil” tidak dapat diterima, tetapi tidak secara jelas melarang diskriminasi, tampaknya karena beberapa anggota parlemen menentang hak-hak transjender. Pembahasan RUU di parlemen diperkirakan akan dimulai hari Jumat.

Putusan dalam lima kasus di Fukuoka, Sapporo, Tokyo, Nagoya, dan Osaka dapat diajukan banding ke Mahkamah Agung.

Dalam putusan pertama tahun 2021, pengadilan di Sapporo mengatakan penolakan pemerintah terhadap pernikahan sesama jenis tidak konstitusional. Pengadilan Tokyo memutuskan pada tahun 2022 bahwa negara itu tidak konstitusional dan pemerintah tidak memiliki alasan untuk membenarkan tidak adanya perlindungan hukum bagi pasangan sesama jenis. Pada akhir Mei, pengadilan Nagoya mengatakan pengecualian pasangan sesama jenis dari pernikahan resmi melanggar hak dasar konstitusional dan kesetaraan pernikahan.

Hanya Pengadilan Distrik Osaka yang mengatakan pada tahun 2022 bahwa pernikahan di bawah Pasal 24 konstitusi, yang menjamin hak untuk menikah, hanya untuk serikat perempuan-laki-laki dan larangan pernikahan sesama jenis itu sah. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home