Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:42 WIB | Jumat, 09 Juni 2023

Di Mahkamah Internasional, Rusia Bantah Dukung Kelompok Separatis di Ukraina

Delegasi Ukraina, kiri, dengan duta besar kementerian luar negeri, Anton Korynevych, kiri tengah, dan delegasi Rusia, kanan, dengan Gennnady Kuzmin, duta besar kementerian luar negeri, kanan tengah, menunggu hakim untuk memasuki Pengadilan Dunia di Den Haag, Belanda, Selasa, 6 Juni 2023. Empat hari sidang dibuka dalam kasus yang diajukan oleh Ukraina terhadap Rusia di pengadilan tinggi PBB yang menuduh bahwa Rusia melanggar perjanjian tentang pendanaan teroris dan diskriminasi rasial di timur Ukraina dan Krimea. (Foto: AP/Peter Dejong)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM-Rusia pada hari Kamis (8/6) membantah tuduhan Ukraina bahwa mereka mendukung separatis pro Rusia di Ukraina timur pada tahun 2014 dan mendiskriminasi etnis Tatar dan Ukraina di Krimea, menuduh Kiev bukannya "kebohongan terang-terangan" di pengadilan tinggi PBB.

Ukraina telah meminta Mahkamah Internasional (ICJ) yang bermarkas di Den Haag, Belanda, untuk memerintahkan Rusia menghentikan diskriminasi terhadap kelompok etnis Tatar di Krimea, semenanjung Ukraina yang diduduki Rusia sejak 2014.

"Ukraina terus-menerus beralih ke kebohongan terang-terangan dan tuduhan palsu yang dilontarkan terhadap federasi Rusia," kata duta besar Rusia untuk Belanda, Alexander Shulgin, pada sidang hari kedua di ICJ. "Tidak ada yang bisa disingkirkan lebih jauh dari kebenaran," katanya.

Dalam kasus yang sama, panel 16 hakim di ICJ pekan ini mulai mendengar pernyataan Ukraina bahwa Moskow melanggar perjanjian anti terorisme PBB dengan memperlengkapi dan mendanai pasukan pro Rusia, termasuk milisi yang menembak jatuh Penerbangan Malaysia Airlines MH17, menewaskan semua 298 orang penumpang dan awak kapal pada tahun 2014.

November lalu, pengadilan Belanda menghukum dua orang Rusia dan seorang separatis Ukraina secara in absentia atas peran mereka dan menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada mereka. Ditemukan bahwa Rusia memiliki “kendali menyeluruh” atas pasukan separatis.

Rusia menolak apa yang disebutnya keputusan "skandal" oleh pengadilan Belanda. Pada hari Kamis, Duta Besar Rusia, Gennady Kuzmin, mengatakan kepada ICJ bahwa keputusan Belanda bias terhadap pasukan separatis di wilayah Donetsk. “Pada akhirnya, kasus MH17 Ukraina menjadi omong kosong,” kata Kuzmin.

Sidang dalam kasus di ICJ, yang dimulai pada tahun 2017, menandai pertama kalinya pengacara Ukraina dan Rusia bertemu di ICJ sejak Moskow meluncurkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Pada hari pertama persidangan, Ukraina menuduh Rusia sebagai negara teroris yang dengan sengaja mendanai dan memperlengkapi pasukan pro Rusia di Ukraina Timur dan berusaha menghapus budaya etnis Tatar dan Ukraina di Krimea. Rusia menyangkal pelanggaran HAM sistematis di wilayah Ukraina yang didudukinya.

Ukraina akan memiliki kesempatan untuk membalas kasus Rusia pekan depan. Mahkamah Internasional, juga dikenal sebagai Pengadilan Dunia, diperkirakan akan memutuskan seluruh kasus sebelum akhir tahun ini.

ICJ adalah pengadilan tertinggi PBB untuk perselisihan antar negara dan keputusannya mengikat tetapi tidak memiliki mekanisme penegakan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home