Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 06:41 WIB | Senin, 22 Juni 2015

Jepang Tawarkan Indonesia Rp 46,6 Miliar untuk Rohingya

Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida. (Foto: japantimes.co.jp)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Jepang, Sabtu (20/6), menawarkan 3,5 juta dolar AS (sekitar Rp46,6 miliar) untuk membantu imigran Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar, tempat mereka mengalami diskriminasi.

Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida, mengatakan, Jepang tetap berkomitmen membantu upaya rekonsiliasi nasional kepada berbagai front di Asia, termasuk antara pemerintah Myanmar dengan kelompok etnis minoritas.

“Untuk imigran non-reguler, termasuk perempuan dan anak-anak, yang mencoba melintasi Samudra Hindia, Jepang memutuskan memberikan 3,5 juta dolar AS (sekitar Rp46,6 miliar),” ujar Kishida melalui Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi dalam sebuah pidato.

Uang tersebut akan disalurkan guna penyediaan makanan dan tempat penampungan serta dana analisis data untuk pergerakan maritim mereka, kata pihak Kementerian Luar Negeri.

Penderitaan Rohingya yang teraniaya dan miskin menarik perhatian internasional saat ribuan warganya serta migran Bangladesh berdesak-desakkan di dalam kapal untuk mencoba mencapai negara-negara Asia Tenggara.

Umat Muslim Rohingya mengeluhkan diskriminasi sistematis dan penganiayaan oleh pemerintah Myanmar yang mayoritasnya penganut Buddha, menolak mengakui mereka sebagai warganyanya.(AFP/Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home