Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 00:08 WIB | Selasa, 17 Oktober 2017

"Jogja Republik Onthel" Digelar di Benteng Vredeburg

Ilustrasi poster "Jogja Republik Onthel" di Benteng Vredeburg Yogyakarta 21-22 Oktober 2017. (Foto: Podjok Istimewa)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pagoeyoeban Onthel Djogjakarta (Podjok) bersama komunitas penggemar sepeda antik-tua dari berbagai daerah akan menggelar acara "Jogja Republik Onthel" (JRO) di Benteng Vredeburg-Yogyakarta, 21-22 Oktober.

Ketua Podjok Munthowil dalam keterangan yang diterima satuharapan.com menjelaskan bahwa perhelatan yang terdiri beberapa kegiatan telah dimulai sejak Jumat (13/10) dengan pameran foto-sepeda antik di Bentara Budaya Yogyakarta. JRO selain mempromosikan pariwisata sekaligus sebagai kampanye gerakan kembali bersepeda yang akan dideklarasikan saat acara.

Kegiatan lainnya berupa Pasar Onthel yang menjual klithikan sepeda onthel, panggung hiburan, kuliner, dan foto booth selama dua hari penyelenggaraan di halaman Benteng Vredeburg Yogyakarta.

"Pada Minggu (22/10) pukul 07.00 pagi, bersama berbagai komunitas sepeda tua (onthel) kita akan mendeklarasikan Jogja Republik Onthel di Benteng Vredeburg dilanjutkan kirab sepeda onthel yang rencananya akan dilepas oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X." jelas Towil.

Sebagai Sahabat Museum, selama kirab sepeda berlangsung Podjok akan mengunjungi beberapa museum diantaranya Museum Ki Hadjar Dewantara, Kirty Grya, Pakualaman.

Towil memperkirakan JRO 2017 akan dihadiri kurang lebih 3.000 onthelis yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) pusat Jakarta, Kosti Kalimantan, Kosti Sulawesi, Kosti Sumatera, Kosti Jabar, Kosti Jateng, Kosti Jatim, Kosti Bali, serta delegasi dari luar negeri.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home