Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:01 WIB | Rabu, 01 Oktober 2014

Joko Widodo Gembira DPRD DKI Setujui Pengunduran Diri

Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta. (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo gembira mengetahui surat pengunduran dirinya telah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta.  Kegembiraan ini dia ungkapkan kepada sejumlah pewarta, Selasa (30/9) di Kantor Gubernur DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

"Ya sudah dong (disetujui DPRD). Selanjutnya mengajukan ke Presiden lewat Mendagri (Menteri Dalam Negeri)," kata Joko Widodo.

Joko Widodo menamahkan selanjutnya dia akan segera meneruskan surat pengunduran dirinya tersebut ke Mendagri sebelum tiba di tangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di hari yang sama, dalam kesempatan terpisah, Ketua DPRD DKI Jakarta yang baru, Prasetyo Edy Marsudi mengemukakan DPRD akan menggelar rapat paripurna pengunduran diri Joko Widodo pada Kamis (2/10) pagi.

Prasetyo menambahkan sesuai keputusan pimpinan DPRD DKI, di hari tersebut hanya akan mendengarkan pidato pengunduran diri Jokowi dari jabatan Gubernur DKI.

“Jadi langsung keputusan (pidato pengunduran diri). Bukan meminta persetujuan peserta rapat (Paripurna). Langsung diketok," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

“Kamis (2/10) agendanya Rapat Paripurna penyampaian pidato gubernur terkait pengunduran diri," Prasetyo menambahkan. Prasetyo memastikan, tidak ada satu pihak pun yang mencoba untuk menjegal Jokowi dalam pengunduran dirinya sebagai Gubernur DKI di Rapat Paripurna, lusa mendatang. Sebab, seluruh fraksi dinilai sudah paham jika pengunduran diri itu ditolak, Jokowi akan merangkap jabatan sebagai Presiden dan Gubernur DKI.

Pras menambahkan sedikit mengenai pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama yang akan menggantikan Jokowi, dia mengatakan saat ini para anggota dewan belum mengagendakan rapat pelantikan dan pengangkatan Basuki sebagai Gubernur DKI. "Kita bicarakan lagi nanti. Secara konstitusi, Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) sudah otomatis naik gubernur," Prasetyo mengakhiri pembicaraan dengan para pewarta. (beritajakarta.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home